MPLS, Danramil 1104 Sukawening Garut Tanamkan Wawasan Kebangsaan dan Cinta Tanah Air

MIMBAR EDUKASI1,557 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Pelaksanaan kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) di sekolah dapat bekerja sama dengan pihak lain. Hal ini dimaksudkan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan kegiatan dan tercapainya hasil yang optimal.

Kerja sama dengan pihak lain sesuai dengan program dan materi kegiatan Masa PLS bagi siswa baru yang telah disusun oleh SMP Negeri 1 Sukawening, hal ini telah dilaksanakan oleh panitia masa tahun pelajaran 2019/2020, Senin (15/7).

Pengisi materi, Danramil 1104 Sukawening Kodim 0611 Garut Kapten CHB Sobirin, didampingi anggota, usai memberikan materi, menuturkan, bahwa wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi peserta didik baru dalam rangka MPLS bertujuan untuk menyegarkan kembali pemahaman secara luas tentang makna wawasan kebangsaan atau wawasan nusantara.

Siswa-siswi SMPN 1 Sukawening dibekali wawasan kebangsaan dan cinta tanah air oleh pemateri.

“Ditengah suasana perubahan sosial yang sangat mendasar, dan kecintaan terhadap tanah air, ini sangat bagus sekali, dari usia muda mereka tertanam jiwa cinta tanah air, cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tuturnya, Senin (15/07).

Sementara Kepala SMP Negeri 1 Sukawening, Yulianti, SPd MPd saat di konfirmasi memaparkan bahwa, wawasan kebangsaan merupakan kegiatan yang sangat baik, untuk para pelajar, dimana mereka mengenal dan mencintai, Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta peran serta para generasi muda, dalam mengisi kemerdekaan.

Yulianti menuturkan, MPLS merupakan bentuk baru dari Masa Orientasi Sekolah (MOS), harus bermuatan materi edukatif dan menjauhkan hal-hal atau tindakan dan praktik yang tidak mendidik. Ini perlu dilakukan, dalam upaya mewujudkan MPLS yang berkualitas. MPLS merupakan kegiatan awal tahun ajaran baru, untuk mengenalkan siswa baru terhadap lingkungan sekolahnya yang baru.

“Tema MPLS, membangun karakter siswa sesuai dengan Pancasila, untuk menumbuhkan rasa kebersamaan, sikap kekeluargaan. Dan pada kesempatan ini kami bekerjasama dengan Koramil 1104 Sukawening, para siswa sejak dini harus di bina tentang wawasan kebangsaan, selaku generasi muda penerus bangsa, harus paham bagaimana mengisi kemerdekaan ini,” papar Yulianti kepada media. (NDY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *