TPT Pemukiman di Bayongbong Garut Ambrol, Rumah Warga Terancam

SEPUTAR GARUT1,956 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Diduga tak kuat menahan beban, Tembok Penahan Tanah (TPT) di Kampung Rancamidin, RT 02/05 Desa Banjarsari, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, mengalami ambrol pada hari Sabtu (24/02/2024).

Kepala Desa (Kades) Banjarsari, Edi Sopandi menerangkan, ambrolnya TPT terjadi sekitar jam 19.30 WIB. Edi khawatir keselamatan warga setempat, terutama yang rumahnya bersebelahan dengan tebing. Karena akibat ambrolnya TPT tersebut, posisi rumah warga menjadi terancam oleh longsor.

“Tanah di sekitar lokasi pun sekarang ini ada yang mengalami retak. Jika tidak diperbaiki segera, khawatir keselamatan warga akan terancam, terutama yang rumahnya bersebelahan dengan tebing sungai,” ujar Edi.

Mengingat saat ini musim penghujan, kata Edi, potensi pergeseran tanah sangat rentan, dan longsoran di lokasi TPT akan semakin besar jika tidak segera ditangani atau diperbaiki.

Edi menambahkan, tak ada korban jiwa dalam peristiwa ambrolnya TPT tersebut. Namun, warga menginginkan segera ad perbaikan.

“Diharapkan segera turun dari dinas terkait, untuk meninjau lokasi ambrolnya TPT untuk segera melakukan assesment untuk penanganan selanjutnya,” pungkas Kades Banjarsari. (H Toni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *