Malam Nisfu Syaban Mari Kembali Ke Fitri, Saatnya Memohon Ampunan Dosa

MIMBAR EDUKASI1,855 views

Oleh : Tatang Supriatna | Wartawan Harian Garut News

HARIANGARUTNEWS COM – Nisfu Syaban adalah salah satu malam istimewa yang terdapat di bulan Syaban, bulan kedelapan dalam penanggalan Hijriah. Malam Nisfu Syaban adalah salah satu waktu yang dinantikan oleh kaum muslimin karena memiliki sejumlah keutamaan, salah satunya karena adanya malam Nisfu Syaban di dalamnya.

Malam ini begitu istimewa sehingga dianjurkan untuk memperbanyak amalan dan berburu pahala. juga merupakan waktu yang tepat untuk memanjatkan do’a kepada Allah SWT untuk memohon ampunan atas dosa-dosa yang diperbuat, baik sengaja ataupun yang tidak disengaja. Selain mendoakan diri sendiri juga untuk orang lain seperti orang tua, keluarga, kerabat dan lainnya di sekitar kita.

Tahun 2024, malam Nisfu Syaban jatuh pada hari Sabtu 24 Pebruari 2024 menjelang waktu Maghrib. Di waktu tersebut, Allah SWT akan membukakan pintu Rahmat-Nya, dan di waktu ini lah, Allah SWT memberikan ampunan kepada manusia atas dosa-dosanya.

Nisfu Syaban atau tanggal 15 Syaban jatuh pada tanggal 25 Februari 2024. Dalam kalender Hijriah, pergantian tanggal terjadi saat matahari terbenam bersamaan dengan terbitnya bulan.

Dilihat dari keutamaannya, malam Nisfu Syaban, Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa seluruh makhluk-Nya, kecuali orang-orang yang bermusuhan dan yang membunuh orang lain. Kemudian, Amal manusia akan diangkat kepada Allah SWT. Umat Islam dianjurkan untuk mendirikan qiyamul lail dan berpuasa di siang harinya sebab saat matahari terbenam, Allah SWT akan turun ke langit dunia dan mengabulkan semua hajat atau doa yang dipanjatkan saat itu.

Makanya, di malam Nisfu Syaban, umat Islam dianjurkan memanjatkan doa Nisfu Syaban, sebagaimana diajarkan para ulama, doa yang dibaca adalah doa Nabi Adam ketika diturunkan Allah dari Surga ke bumi.

Selain itu, membaca Al Qur’an Surat Yasin menjadi keutamaan yang harus dilakukan di malam Nisfu Syaban. Kemudian, berdzikir dengan membaca istighfar, Shalawat Nabi, bersedekah dan banyak lagi yang lainnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *