Secara Resmi Rapat Pleno Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu 2024 di Banjarwangi Garut Ditutup

SEPUTAR GARUT1,690 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Rapat pleno rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilu Presiden-Wakil Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2024 yang digelar Panitia Pemilihan Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut, selesai dan secara resmi ditutup pada Jum’at (23/02/2024).

“Yang pastinya alhamdulilah hari ini luar biasa, kita mengapresiasi semua rekan-rekan, peserta pemilu maupun penyelenggara lebih khususnya, di mana tingkat partisipasi masyarakat pada Pemilu 2024 lebih signifikan meningkat daripada 2019,” ujar Ketua PPK Banjarwangi R.A Ganda Menggala.

Di Pemilu 2019, kata Dia, tercatat sebanyak 61% partisipasi pemilih. Tapi untuk di tahun 2024 ini ada peningkatan di 83,7 % dari 46.460 pemilih terdaftar di DPT Kcamatan Banjarwangi, sebanyak 37,200 hadir datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Ini hasil kerjasama kita semua pihak, stakeholder pada khususnya, masyarakat Kecamatan Banjarwangi yang tersebar di sebelas desa, melaksanakan pemilihan di 176 TPS. Partisipasi pemilih di Pemilu 2024 ada peningkatan signifikan sebanyak 23%,” jelasnya.

PPK sendiri, lanjut Dia, bekerjasama dengan unsur TNI-Polri, dan dibantu oleh pihak pembina wilayah atau kecamatan. Semuanya bahu-membahu untuk suksesnya Pemilu 2024.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan termasuk media yang selama ini banyak membantu juga terciptanya di Pemilu 2024 yang kondusif, tertib, dan lebih persuasif. Semua komponen yang ada bersinergis, Alhamdulilah,” ungkapnya.

Ia berharap, kedepannya di pemilu yang akan datang, berjalan baik, tidak ada penurunan partisipasi, bahkan diharapkan naik, termasuk kondusifitasnya, tak ada permasalahan muncul dan mencuat keluar.

Sementara, Kapolsek Banjarwangi Polres Garut Iptu Amirudin latif, menyampaikan rasa syukurnya karena agenda rapat pleno rekapitulasi berjalan lancar, tidak ada riak-riak yang berarti, semuanya kondusif dari awal hingga penutupan.

“Kita akan jaga terus kotak-kotak suara sampai di kembalikan ke Garut. Kami dari awal kegiatan menyiapkan anggota termasuk kerjasama dengan Koramil juga Satpol PP juga PPK setiap harinya. Kita berjaga di sini dan akan dikawal sampai ke Garut,” tandasnya.

Harapan setelah selesainya masa Pemilu di 2024 ini, imbuh Iptu Amir, masyarakat kembali bersatu, perbedaan pilihan jangan dijadikan permusuhan atau memperuncing permasalahan.

“Kita satukan kembali yang kemari berbeda pilihan. Yuk kita bangun kembali Banjarwangi khususnya, Kabupaten Garut dan umumnya Indonesia,” pungkasnya. (Bilal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *