Ketua Base Camp “Tapak Geurot”, Ajak Masyarakat Pendaki untuk Lestarikan Gunung Cikuray Garut

SEPUTAR GARUT1,415 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Gunung Cikuray merupakan gunung tertinggi keempat di Jawa Barat. Masuk dalam wilayah administrasi Desa Sukahurip Kecamatan Cigedung Kabupaten Garut, dengan ketinggian 2.821 meter di atas permukaan laut.

Hasil penelusuran awak media hariangarutnews.com, didapat imformasi ada beberapa jalur pendakian yang dimiliki oleh Gunung Cikuray.

“Untuk jalur pendakian di Gunung Cikuray ini memang banyak, namun untuk jalur resminya hanya ada dua yaitu via Pamancar dan Via Tapak Geurot,” kata Hendro Ketua Base Camp Tapak Geurot, Hendro, Sabtu (14/10/2023).

Di base camp Tapak Geurot sendiri kata Hendro, memiliki agenda tahunan yang bertajuk Jaring Gunung.

“Jaring gunung itu merupakan momen dimana kita mengajak masyarakat dan para pendaki untuk peduli terhadap alam dan lingkungan,” ungkapnya.

Ketua Base Camp Tapak Geurot, Hendro

Selain itu, Hendro mengatakan, sebagai pribumi sudah menjadi keharusan bertanggung jawab serta mengembalikan gunung yang pernah lestari. Sebagai jalur pendakian yang resmi, Tapak Geurot sendiri memiliki komitmen dengan menerapkan jalur pendakian berbasis konservasi.

“Jalur pendakian Tapak Gerot ini berbasis konservasi. Selain sebagai jalur pendakian, kita juga berusaha untuk memberikan apa yang kita lakukan untuk Gunung Cikuray,” tuturnya.

Hendro berharap, kepada seluruh para pendaki, pengunjung, serta seluruh masyarakat untuk melek terhadap keadaan gunung saat ini.

“Karena dampak dari pembabatan hutan itu kita yang akan menanggung akibatnya,” tegasnya.

Menurutnya, sudah menjadi hal yang wajib bagi seluruh manusia untuk menjaga serta melestarikan alam dan lingkungan disekitarnya.

“Bukan hanya sekedar membuka jalur pendakian saja, tapi kami memiliki misi khusus yaitu mengembalikan Gunung Cikuray menjadi ‘geurot’ kembali,” pungkasnya. (Jaya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *