Bersama Pokdarkamtibmas Sektor Cibatu, Kades Karyamukti Buka Destinasi Wisata Si Layung Park, Heru : Desa Membangun Indonesia

HARIANGARUTNEWS.COM – Pengurus Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban (Pokdarkamtibmas) Bhayangkara Sektor Cibatu Resor Garut yang baru-baru ini dilantik oleh Kapolres Garut melalui Kasat Binmas Polres Garut, AKP. Hasan Sadikin langsung turun lapangan terkait dengan program kerjanya yang akan direalisasikan.

Mengawali kegiatannya, pengurus dan anggota bersama Penasehat Pokdarkamtibmas Bhayangkar Sektor Cibatu, Widya Heru Kartika SE melaksanakan kegiatan bersih-bersih sekaligus melakukan pemasangan RPU Radio Pancar Ulang (RPU) milik Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) wilayah Garut Utara guna membantu kebencanaan di Si Layung Park Kampung Dukuh Desa Karyamukti, Kecamatan Cibatu, Rabu (07/06/2023).

“Alhamdulillah acara berjalan lancar. Tentunya kami sendiri sangat berharap kepada rekan-rekan setelah dilantik mempunyai program kerja seperti yang disampaikan oleh Bapak Kasat Binmas kemarin,” ujar Heru.

Pokdarkamtibmas, lanjut Heru, kedepan harus bisa lebih maju. Tidak hanya program kerja yang standar saja namun mempunyai program kerja yang bisa memberikan sesuatu yang lebih. Artinya rekan-rekan Pokdar semuanya harus bisa duduk bersama, dan tugas Pokdar sendiri tentunya tugas yang sangat mulia yang selalu bekerja dengan sukarela karena tidak didukung dengan upah maupun gaji.

Pemandangan ke berbagai daerah di lokasi Si Layung Park.

“Saya kagum kepada jajaran Pokdarkamtibmas, mereka hadir dari panggilan jiwa. Setiap ada kegiatan jajaran Pokdar langsung bergerak untuk ikut andil dalam acara yang sedang berlangsung. Mudah-mudahan kedepannya Pokdar bisa bersinergi dengan seluruh desa yang ada di Kecamatan Cibatu,” ungkapnya.

Heru mengatakan, dirinya bersama jajaran Pokdarkamtibmas dibawah Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Sektor Cibatu, Syahrul Oni, tengah melangsungkan kegiatan di area yang akan dijadikan obyek wisata Si Layung Park.

“Motivasi kami mengembangkan kampung wisata di Si Layung Park adalah salah satu cara dalam upaya kami meningkatkan ekonomi dan menjadikan desa ini sebagai destinasi unggulan yang mengusung pariwisata berkualitas dan berkelanjutan,” terang Heru.

Ia mengungkapkan, Si Layung Park digagas sekitar tahun 2018. Tanpa sengaja dirinya menemukan lokasi di ketinggian dengan batu batu besar yang di tumbuhi pepohonan. Ia merasa takjub saat disana terlihat pemandangan yang sangat indah hingga bisa menyaksikan daerah diluar Garut seperti Tasik Sumedang dan Bandung.

“Tekanan angin dari puncak bisa dilakukan olahraga para layang dan sunset yang sangat menajubkan. Kedepannya kami disini ingin ada Little Zoo untuk satwa kecil-kecilan, flying fox, ada wisata religi dan di sana juga ada makam keramat yang ceritanya penomenal,” ungkapnya.

Diungkapkan Heru, bersama Pokdarkamtibmas, keberadaan Si Layung Park selain sebagai destinasi wisata juga diharapkan dapat menjadi sarana edukasi bagi masyarakat juga wisatawan untuk dapat menjaga alam dan menjaga terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“Saya terus mendorong kawasan Si Layung Park terpadu ini dapat terus berinovasi, beradaptasi, berkolaborasi menampilkan pariwisata berbasis masyarakat berkelanjutan. Ini menjadi semangat bukan Indonesia membangun desa tapi desa yang membangun Indonesia, yang memberi inspirasi bagi kita semua,” pungkas Heru yang juga menjabat Kepala Desa Karyamukti. (Jepri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *