Imat, Perintis Unit SAR 0905 Gerakan Pramuka Kwarcab Garut : Besok Usia Kami Genap 28 Tahun

MIMBAR EDUKASI1,329 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Pembentukan Unit SAR 0905 Kwarcab Garut penting sekali dilakukan sejak dini. Sebab para anggota Pramuka kelak akan dibekali kemampuan untuk teknik Pencarian dan pertolongan dimana nantinya akan sangat mendukung dan selaras dengan tugas dan Fungsi Gerakan Pramuka itu sendiri dan tidak menutup kemungkinan juga diturunkan dalam pelaksanaan operasi SAR sesuai Kualifikasi yang ada. Hal tersebut disampaikan Perintis Unit SAR 0905 Kwarcab Garut, Imat Ruchimat.

Imat Ruchimat seorang ASN di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, selaku Perintis Unit SAR 0905 mengungkapkan, pada usianya yang Ke-28, Unit SAR 0905 lahir pada 14 Agustus 1991, telah melakukan penyelamatan pencarian dan pertolongan seperti menjadi relawan tsunami di Aceh, kecelakaan pesawat udara yang jatuh di Gunung Puntang, pencarian orang hanyut di sungai cimanuk maupun di pantai Selatan dan membantu penyelamatan bencana alam tak terkecuali waktu banjir bandang yang menimpa Kabupaten Garut.

Imat Ruchimat (berdiri : kedua dari kiri) merupakan sang perintis Unit SAR 0905 Kwarcab Garut.

“Unit SAR 0905 dalam melaksanakan kegiatan operasinya selalu bekerjasama baik dengan internal Gerakan Pramuka Kwarcab Garut maupun dengan instansi Pemerintah Kabupaten Garut. Unit SAR 0905 memiliki hubungan yang sangat harmonis dengan lembaga pemerintah seperti Basarnas, BPBD, TNI/Polri dan organisasi kemasyarakatan lainnya,” terang Imat.

Menurut Imat, perkembangan Unit SAR 0905 Kwarcab Garut telah melewati periode waktu cukup panjang, di awali pada tahun 1986, ketika jatuhnya kapal tempur foker di gunung Piit daerah Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut dengan dikuatkan oleh keputusan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 361/K/1990 perihal Pembentukan Brigade Penolong Bencana Alam dan Kwartir Nasional tentang Pramuka Peduli.

“28 tahun bukan waktu yang pendek. Unit SAR 0905 menjadi salah satu organisasi kemanusiaan di Kabupaten Garut dibawah naungan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka. Teruslah berinovasi, berkarya, mengabdi untuk bangsa dan negara,” pungkas Imat yang juga menjabat Kabid Lintas Organisasi di Yayasan Pergerakan Anti Napza Nusantara Amartha (PANNA) Kabupaten Garut. (Id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *