Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Garut Gelar Kuliah Umum dengan Tema “Strategi Komunikasi dan Pemasaran Terpadu Pemerintah Provinsi Jawa Barat”

HARIANGARUTNEWS.COM – Fakultas Komunikasi dan Informasi Universitas Garut (F-Kominfo Uniga) telah menyelenggarakan kuliah umum dengan tema “Strategi Komunikasi dan Pemasaran Terpadu Pemerintah Provinsi Jawa Barat” yang dilaksanakan di Aula F-Kominfo Uniga, Rabu (05/06/2024).

Adapun peserta kuliah umum ini sangat beragam, mulai dari mahasiswa dan dosen dengan total 200 peserta. Kegiatan kuliah umum ini dibuka oleh Dekan F-Kominfo Uniga, Prof. Dr. Hj. Ummu Salamah, MS. Kegiatan kuliah umum ini merupakan salah satu dari rangkaian acara mata kuliah PR Pemerintahan.

Pembicara dalam kegiatan tersebut adalah Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat, Viky Edya Martina S, S.Sos, yang memaparkan tentang Strategi Komunikasi dan Pemasaran Terpadu Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Pantauan media, acara berlangsung sangat meriah, hal ini dibuktikan dengan banyaknya antusias peserta yang memberikan pertanyaan. Kemudian setelah sesi tanya jawab selesai dilakukan, panitia memberikan arahan kepada peserta untuk melakukan sesi dokumentasi.

Panitia juga mengumumkan beberapa peserta yang mendapatkan doorprize dari sponsor kegiatan kuliah umum ini. Sehingga acara ini mendapatkan kesan positif dari para peserta dan menjadikan peserta memiliki pengetahuan tentang Strategi Komunikasi dan Pemasaran, serta bertambahnya pengetahuan tentang kegiatan publik relation.

F-Kominfo Uniga Gelar Seminar Strategi Komunikasi Dan Pemasaran Terpadu Pemerintah Provinsi Jawa Barat

Seminar ini dibuka oleh Wakil Dekan 1 F-Kominfo Uniga, Achmad Wildan, S. Sos, MM. Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang strategi pemasaran yang dapat diadopsi oleh pemerintah dalam upaya pembangunan yang lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Pembicara dalam kegiatan tersebut, antara lain, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik dan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat, Viky Edya Martina S, S.Sos selaku narasumber, Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informasi, Rosanti Utami D. Sy, S. Sos. M. Ikom, sebagai moderator, Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informasi, Firmansyah, S.I.Kom, M.I.Kom sebagai Master of Ceremony.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat, melalui Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik dan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat, Viky Edya Martina S, S.Sos, mengatakan, komunikasi yang baik adalah kunci untuk memastikan bahwa program pembangunan yang dijalankan oleh pemerintah sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Masyarakat perlu tahu apa yang sedang dibangun atau menjadi program pembangunan dari pemerintah. Sebaliknya, pemerintah juga perlu tahu apa kebutuhan dari masyarakat,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, bahwa berdasarkan penelitian di Januari 2024, dari survei yang dilakukan, platform media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah WhatsApp, diikuti oleh Instagram. Ini menunjukkan pentingnya menggunakan platform yang tepat dalam strategi komunikasi pemerintah untuk memastikan pesan-pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.

Pantauan media, acara berlangsung sangat meriah, hal ini dibuktikan dengan banyaknya antusias peserta yang memberikan pertanyaan ketika sesi tanya jawab. Dengan demikian, pandangan peserta menyoroti pentingnya strategi komunikasi yang terencana dan efektif dalam mencapai tujuan pemasaran yang sukses di era digital saat ini.

Dengan memahami peran media sosial dan kemampuannya untuk menyampaikan pesan secara luas, organisasi dan perusahaan dapat memanfaatkannya sebagai alat yang kuat untuk membangun brand awareness dan meningkatkan keterlibatan dengan konsumen. Investasi dalam pengembangan strategi komunikasi dan pemasaran terpadu di media sosial adalah langkah yang strategis dan relevan dalam menghadapi tantangan pasar yang terus berkembang. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *