Kasubdit Polmas Polda Jabar dan Sat Binmas Polres Garut Gelar Pembinaan Orsosmas bersama Mitra Polri

HALO POLISI1,079 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Kesadaran masyarakat dalam membantu menjaga keamanan dan ketertiban sangat penting sekali, jumlah anggota Polri yang tidak sebanding dengan jumlah penduduk Indonesia menjadi alasan utama untuk membentuk sebuah kelompok masyarakat yang memiliki kesadaran lebih tinggi dari masyarakat lainnya terkait ketertiban dan keamanan untuk membantu tugas-tugas Polri.

Menyoal hal tersebut, Kasubdit Polmas Dit Binmas Polda Jawa Barat AKBP Lilies Mulyani bersama Kasat Binmas Polres Garut, AKP R. Hasan Sadikin menjadi narasumber dalam acara Pembinaan Organisasi Sosial Masyarakat (Orsosma) dengan tema “Sinergitas Polri dengan Organisasi Sosial Masyarakat dalam Harkamtibas” di Aula Mako Subden 4 Detasemen A Pelopor Brimob, Jalan Jendral Sudirman, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jumat (17/06/2022).

“Fungsi polri dibidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) adalah salah satu wujud pelaksanaan tugas-tugas polri yang memiliki tanggung jawab untuk menciptakan suatu keadaan yang tertib, tentram, dan teratur dalam kehidupan masyarakat sehari-hari,” ungkap AKBP Lilis.

Ia melanjutkan, sebagai alat negara utama yang berperan dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban, polri memegang kewenangan dan kendali penuh terhadap pencapaian tujuan terwujudnya kamtibmas tersebut. Namun, imbuh Lilis, tentu saja dalam pelaksanaan tugasnya, mitra polri dan komponen masyarakat lainnya harus pula secara proaktif membantu polri dalam mewujudkan kamtibmas.

“Mitra polri yang notabene memiliki peranan penting membantu melaksanakan tugas pengamanan swakarsa guna menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, dalam melaksanakan kegiatannya agar dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, sehingga hal tersebut mampu menciptakan situasi kamtibmas yang berkesinambungan antara polri dan masyarakat,” tandasnya.

Sementara Kasat Binmas Polres Garut AKP R. Hasan Sadikin mengatakan, ajang silaturahmi ini sekaligus guna konsolidasi dan membangun sinergitas bersama Orsosmas untuk menjaga kondusifitas di Kabupaten Garut. Melalui kemitraan, Hasan mengajak pengurus Orsosmas untuk mendeteksi dan mengidentifikasi permasalahan kamtibmas di lingkungan serta menemukan pemecahan masalahnya.

Dipandu Kasat Binmas Polres Garut, AKP. R. Hasan Sadikin yang dinilai menguasai kemampuan cara berkomunikasi diatas rata-rata, sesi diskusi menjadi lebih hidup dan menambah keakraban antara Polri dan Orsosmas.

“Saya berharap semua mitra polri ikut memantau dan memecahkan masalah sosial sesuai dengan peraturan perundang-undangan untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di masyarakat. Ajak masyarakat lainnya untuk secara aktif ikut dalam berbagai kegiatan dalam upaya memelihara rasa aman dan tertib, memberi informasi, saran dan masukan, serta aktif dalam proses pengambilan keputusan guna memecahkan permasalahan kamtibmas dan tidak main hakim sendiri,” beber Kasat Binmas Polres Garut.

AKP Hasan menambahkan, setelah mendapat pembinaan ini, diharapkan nantinya para pimpinan organisasi dan mitra polri lainnya dapat memahami dan memiliki kemampuan membina serta pengembangan potensi dalam mencegah dan menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum dan bentuk-bentuk gangguan lainnya yang dapat meresahkan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, suasana semakin menarik saat digelar sesi tanya jawab, saran dan pendapat. Sebelumnya, dengan penguasaan komunikasi yang apik dan lugas saat berkomunikasi, Kasat Binmas Polres Garut juga menyampaikan materi terkait penguatan peran dan fungsi Ormas, radikalisme, intoleransi, terorisme, waspada hoax, serta tentang kebhineka tunggalikaan.

Hadir dalam kegiatan, Kasubdit Bin Polmas Polda Jabar, AKBP Lilis SH, Kasat Binmas Polres Garut, AKP R. Hasan Sadikin beserta jajaran, Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Resor Garut, Igie N Rukmana, Ketua Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) Korwil Polres Garut, Ajat S. Kurnia, Ketua Dai Kamtibmas Polres Garut, Ustad Suwanda, perwakilan Sahabat Polisi DPC Garut, Sentra Komunikasi (Senkom), dan Keluarga Besar (KBPP) Polri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *