Terjun Verifikasi Data, Kades Padahurip Banjarwangi Garut Siap Kucurkan BLT Dana Desa Rp600 Ribu Per-KK

HARIANGARUTNEWS.COM – Kepala Desa (Kades) Padahurip, Kecamatan Banjarwangi, pimpin langsung verifikasi penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD). Hal itu untuk memastikan bantuan tersebut tepat sasaran bagi warga yang sangat mebutuhkan. Kades Padahurip Evi Prisandi, mengatakan, verifikasi dilakukan langsung ke rumah warga miskin, bersama Gugus Tugas Covid-19, Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat.

“Tujuan dari verifikasi ini agar nantinya, bantuan tersebut tepat sasaran dan dirasakan manfaatnya oleh warga kami. Acuan kami tentang BLT dari Dana Desa ini yaitu masyarakat yang sangat sangat membutuhkan,” katanya, Rabu (06/05).

Mengenai mekanisme penyaluran bantuan tersebut, lanjut Kades Evi, pendataan dilakukan oleh Kepala Desa dan Perangkat, Badan Permusyawaratan Desa, dan di tingkat RT dan RW. Selanjutnya data dilakukan verifikasi dan validasi melalui musyawarah desa yang selanjutnya disahkan oleh Kepala Desa.

Sementara itu, salah satu warga calon penerima, Umu (73), sangat berterima kasih kepada Pemerintah Desa, karena telah mendata terlebih Kepala Desa terjun langsung dan turut serta dalam pendataan.

“Saya sangat bersyukur bisa menerima Bantuan ini (BLT DD-red), terima kasih kepada pemerintah baik dari pusat hingga desa, kami warga terdampak bisa merasakan bantuan ini,” ucapnya dengan wajah sumringah dan terharu.

Diketahui, bahwa kebijakan BLT Dana Desa tertuang dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Permendes PDTT), serta dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK), yang mana penerima manfaat akan menerima bantuan dengan nominal Rp600 ribu perbulan, selama tiga bulan kedepan. (Indra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *