Catat! Gebyar Pesona Budaya Garut akan Meriahkan Hari Jadi Garut

SEPUTAR GARUT1,440 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Memeriahkan Hari Jadi Garut (HJG) ke-207, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut mempersembahkan Gebyar Pesona Budaya Garut (GPBG) dengan mengangkat tema “Garut Rancage Makarya Mawa Raharja”. Tema ini artinya Garut penuh dengan inovasi dan semakin giat serta bersemangat bekerja untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Garut.

Peringatan HJG ini bertujuan untuk melestarikan seni budaya tradisional daerah Indonesia, mewujudkan sinergitas, akselerasi proses pemajuan kebudayaan guna meningkatkan kemakmuran masyarakat Indonesia. Selain itu, juga untuk mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia kepada dunia.

Kepala Disparbud Kabupaten Garut H. Budi Gan Gan, SH, MH melalui Kabid Pemasaran Evi Anshori menjelaskan, GBPG ini adalah sebagai ajang exshibishi dan event budaya berbasis ekonomi kreatif yang akan membuka peluang sebagai media tranding yang baik bagi para pelaku seni dan budaya serta industri pariwisata, khususnya untuk Garut umumnya di tingkat nasional.

Dipaparkan Evi, misi dari GPBG ini tiada lain untuk meningkatkan citra pariwisata Indonesia, memperluas jaringan pemasaran produk dan ekonomi kreatif supaya dapat menembus pasar Internasional. Juga untuk mendorong kreatifitas para seniman dan budayawan serta para pelaku usaha ekonomi kreatif untuk melakukan inovasi sebauh karya yang berdaya saing tinggi.

“GBPG ini agenda tahunan Kabupaten Garut, sebagai inspirasi para seniman dan budayawan serta para pelaku usaha pariwisata di Indonesia, yang dikemas dalam prosesi dan helaran budaya,” katanya.

Event ini merupakan magnet wisatawan lokal dan asing untuk berkunjung dan mengenal seni budaya tradisional di Kabupaten Garut. GBPG masuk dalam 100 Calender of Event di Nasional dan secara prestasi terbaik ke-6 di Jawa Barat. “Jadi masuk dalam event yang diunggulkan di Nasional dan Jawa Barat,” imbuhnya. (Bulan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *