Pedang Pora Sambut Kapolres Baru, Air Mata Pecah Lepas Kepergian AKBP Budi Satria Wiguna

HALO POLISI2,237 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Serah terima kunci komando dan pelepasan AKBP Budi Satria Wiguna SIK di Mapolres Garut, Rabu (26/09) berlangsung haru. Acara tradisi Polres Garut yang diawali dengan penyambutan Kapolres baru AKBP Dede Yudi Ferdiansyah SIK MIK dan dilanjutkan dengan penyerahan kunci komando serta apel bersama dengan seluruh anggota Polres Garut.

Pada kesempatan ini, upacara adat dan prosesi saat lepas sambut dengan pedang pora menjadi bagian tradisi Kepolisian Resor Garut. Kasubbag Humas Polres Garut Ipda H. Muslih Hidayat SH menuturkan bahwa hal tersebut merupakan bukti kedekatan seorang pimpinan dengan anak buahnya.

Jajaran Polres Garut tak kuasa menahan air mata mengiringi kepindahan AKBP Budi Satria Wiguna

“Selama ini bisa dibilang dekat. Jadi wajarlah kalau anggota seperti enggan melepaskan sosok pimpinan yang dikenal tegas namun sangat membumi seperti AKBP Budi. Biasanya beliau yang mengantar anggota yang purna tugas seperti ini. Dan sekarang beliau sendiri yang menjalaninya. Pasti jadi haru,” terangnya.

Suasana haru semakin terasa saat satu persatu anggota Polres Garut menyalami seraya memberikan ucapan. Bahkan terlihat beberapa kali, Kapolres yang sekarang menduduki posisi sebagai Irbid Itwasda Polda Jabar ini berusaha tegar dan menahan air mata.

Belum berhenti sampai disitu. Keharuan masih berlanjut saat pelepasan AKBP Budi Satria Wiguna dan Ibu, masyarakat Desa Rancabango, Kecamatan Tarogong Kidul dan Pimpinan Pondok Pesantren Fauzan, Ceng Mujib, mengerahkan seluruh santrinya mengiringi kepergian AKBP Budi Satria Wiguna dengan membacakan shalawat.

Masyarakat Desa Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler, turut melepas Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna.

Dalam kesempatan tersebut, Ceng Mujib mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada Kapolres Garut yang baru dan selamat jalan serta selamat bertugas kepada AKBP Budi Satria Wiguna di tempat yang baru.

“Kami atas nama tokoh ulama sangat menghargai pengabdian AKBP Budi Satria Wiguna selama bertugas selaku Kapolres Garut. Selama ini beliau telah berhasil menciptakan situasi yang kondusif di wilayah Garut ini. Dan akhirnya, kami ucapkan selamat bertugas di tempat yang baru untuk Kapolres lama AKBP Budi Satria Wiguna serta selamat datang kepada Kapolres yang baru AKBP Dede Yudi Ferdiansyah,” pungkas Ceng Mujib. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *