Lantik Pengurus DPP DKSI, Helmi Budiman : Garut Daerah Wisata dan Perlu Sentuhan Para Seniman

FOKUS1,124 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Selaku Dewan Penasehat, dr Helmi Budiman melantik pengurus Dewan Pimpinan Pusat Dapur Kolaborasi Seniman Indonesia (DPP DKSI) di Gedung Art Center, Jalan Proklamasi, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Minggu (07/072024).

Saat diwawancarai awak media usai acara pelantikan, Helmi Budiman didampingi seniman senior yang juga mantan Wakil Bupati Garut, Dicky Chandra, menyampaikan bahwa Dapur Kolaborasi Seniman Indonesia, dimana, dapur ini pilosofinya, merupakan tempat untuk mengolah sesuatu menjadi sebuah hidangan dan bisa dinikmati.

“Dapur ini kan tempat untuk meramu, meracik, memasak sehingga menjadi hidangan yang enak dan bisa dinikmati. Kira-kira itu filosofisnya. Bagaimana menyuguhkan karya-karya seniman supaya bisa dinikmati oleh masyarakat Kabupaten Garut,” ujar Helmi.

Ketua Dewan Penasehat DPP DKSI, dr. Helmi Budiman.

Helmi Budiman menyebut, Kabupaten Garut adalah wilayah koorbisnis agrowisata dan tentunya perlu ada sentuhan-sentuhan para seniman, supaya lebih menarik dan bisa dinikmati dan DKSI hadir menjawab semua itu.

“Para seniman banyak berkumpul disini, seperti yang saya sebut tadi, atau kita semua. Kita semua sebetulnya seniman, ketika kita punya keahlian profesi sesungguhnya itu seni,” paparnya.

Wakil Bupati Garut dua periode ini mengatakan, di DKSI ini bergabung bukan hanya seniman saja yang di bidang hiburan, namun ada juga yang lainnya bergabung di DKSI. Kemudian juga bisa kolaborasi dengan lembaga-lembaga seni yang ada di Kabupaten Garut.

dr. Helmi Budiman beserta istri, dr. Hani Firdiany dan Dicky Chandra, menghadiri acara Deklarasi dan Pelantikan DPP DKSI di Gedung Art Center, Minggu (07/07/2024).

Dalam mengembangkan seni di Kabupaten Garut, lanjut Helmi, karena Garut merupakan daerah wisata dan ini perlu kehadiran para seniman terutama yang tergabung di DKSI. Ia juga berharap, fungsi dari Art Center Garut sendiri yang memang untuk wadah para seniman berkiprah, kedepan bisa lebih difungsikan kembali.

“Gedung Art Center ini, mudah-mudahan pemerintah kedepan, sebagaimana pilosofis dari pembangunan Art Center ini. Juga agar betul-betul dimaksimalkan untuk mengekspresikan, atau menjadi tempat berekspresinya para seniman, dan juga pembinaan-pembinaan kepada para seniman,” harapnya.

Ia juga berpesan kepada para pengurus yang dilantik, DKSI merupakan bagian dari elemen masyarakat Kabupaten Garut yang harus bersama-sama membangun Garut. Dimana, masyarakat, semua segmen dan generasi harus terlibat dalam membangun Kabupaten Garut, sesuai dengan kemampuan dan keahlian masing-masing. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *