Meriahkan HUT Bhayangkara Ke-78, Pokdarkamtibmas Sektor Cibatu Resor Garut Akan Gelar Festival UMKM dan Seni Tradisi

FOKUS884 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara Ke-78 Tahun 2024 yang mengangkat tema “Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi Yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas”, Pengurus Kelompok Sadar Keamanan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas) Bhayangkara Sektor Cibatu Resor Garut, menggelar Rapat Koordinasi jelang Festival Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Seni Budaya Cibatu di Sekretariat Jalan Arif Rahman Hakim, Desa Keresek, Kecamatan Cibatu, Sabtu (15/07/2024).

Menurut Ketua Pokdarkamtibmas Sektor Cibatu yang juga Ketua Pelaksana, Agus Sutrisna, melalui Seksi Acara, Amar S.Pd, Festival UMKM dan Seni Budaya tersebut akan berlangsung pada 5-7 Juli 2024 mendatang di Alun-Alun Cibatu. Selain diramaikan 150 UMKM dan penampilan seni tradisi, setiap harinya kegiatan akan dimeriahkan dengan Lomba Marawis, Pildacil, Lomba Panduan Suara Muslimah NU dan suguhan musik dari band lokal.

Rapat Koordinasi persiapan acara Festival UMKM dan Seni Tradisi dalam rangka HUT Bhayangkara Ke-78 digelar di sekretariat Pokdarkamtibmas Sektor Cibatu.

“Tentunya kami sudah koordinasi dengan Forkopim Kecamatan Cibatu, khususnya dengan bapak Kapolsek Cibatu. Festival UMKM berlangsung dari tanggal 5 Juli sampai 7 Juli 2024. Selain diramaikan UMKM, acara akan diisi dengan santunan, pemberian reward kepada anggota Pokdarkamtibams, berbagai perlombaan mulai Pemilihan Dai Cilik (Pildacil), Seni Budaya, Lomba Marawis juga penampilan band lokal. Untuk peserta UMKM ini, masyarakat dari setiap desa Se-Kecamatan Cibatu membuka stand yang menjual berbagai produk masing-masing,” ungkap Amar.

Amar menambahkan, Festival UMKM dan Seni Tradisi dilaksanakan untuk melestarikan, mengembangkan, sekaligus media pembinaan seni tradisional yang merupakan salah satu kebudayaan lokal yang ditampilkan bareng dengan berbagai aneka produk UMKM.

Sementara, Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara, Igie N. Rukmana, S.Kom yang turut hadir dalam Rakor, mengapresiasi pengurus dan seluruh jajaran Pokdarkamtibmas Bhayangkara Sektor Cibatu yang terus berinovasi sehingga akan meningkatkan transformasi ekonomi masyarakat yang inklusif.

“Kami apresiasi, selain nantinya masyarakat terhibur dengan ragam suguhan penampilan, kegiatan ini juga memberikan ruang bagi UMKM untuk tumbuh, maju dan berkembang serta menggairahkan kembali iklim usaha di Kecamatan Cibatu khususnya bagi UMKM lokal. Pemberdayaan UMKM juga merupakan salah satu hal yang dicanangkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo dengan meningkatkan produktivitas untuk transformasi ekonomi inklusif dan berkelanjutan. Festival ini menggabungkan keseluruhan acara dari Sub Sektor Pokdarkamtibmas di Cibatu dan Kersamanah dan disinergikan dengan kegiatan kerakyatan yang menggambarkan bahwa Mitra Polri merupakan bagian dari masyarakat yang dekat dengan unsur pemerintah, TNI dan Polri masyarakat,” ungkap Igie.

Hadir pengurus Pokdarkamtibmas Sektor dan Sub Sektor Se-Wilayah Hukum Polsek Cibatu

Igie berharap melalui kegiatan ini, Festival UMKM dan Seni Tradisi semakin maju sehingga dapat mendongkrak perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Ia mengucapkan terimakasih kepada Pokdarkamtibmas Sektor Cibatu yang kegiatannya bukan hanya memberikan keamanan di wilayah hukum Polsek Cibatu dan Kersamanah saja, namun banyak kegiatan-kegiatan Bhakti Sosial yang dilakukan untuk membantu masyarakat.

Hadir dalam acara rapat, Ketua Pokdarkamtibmas Resor Garut, Igie N. Rukmana S.Kom, Penasehat Pokdarkamtibmas Sektor Cibatu, H. Wawan, pengurus dan anggota Sektor dan Sub Sektor Se-Wilayah Hukum Polsek Cibatu. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *