Dirawat di RSUD dr. Slamet Garut, Pasien Mengaku Puas dengan Pelayanan Ruang Puspa Utama

FOKUS3,137 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Sebagai fasilitas umum yang memiliki peran penting dalam pelayanan kesehatan, rumah sakit dituntut untuk memberikan pelayan yang terbaik sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasien. Secara umum, pasien pasti ingin dilayani dengan cepat dan efisien. Oleh karena itu, rumah sakit perlu menciptakan budaya dan sistem agar pelayanan rumah sakit lebih cepat misalnya dengan digitalisasi dan perampingan urusan administrasi.

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi di tengah persaingan yang semakin ketat, rumah sakit juga dituntut untuk selalu menjaga dan mengembangkan kualitas pelayanan agar meningkatkan kepercayaan dan kepuasan dari pasien.

Seperti halnya peningkatan layanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Slamet Garut dirasakan para pasien. Salah satunya pasien, Rarah (37) yang tengah dirawat di Pupsa Utama Atas mengatakan pelayanan di RSUD dr. Slamet cukup memuaskan. Dia mengaku selama dirawat merasakan sangat diperhatikan oleh petugas kesehatan.

Rarah menuturkan, kebersihan yang terjaga membuat nyaman di kamar perawatan, ditambah Tenaga Kesehatan (Nakes) yang ramah dan responsif menjadi alasan kenapa rumah sakit tersebut pantas mendapat pengakuan yang positif. Pasien yang sudah dirawat selama enam hari ini menyampaikan pelayanan dan keramahan yang sangat baik serta informasi tentang kesehatan dan penyembuhan secara langsung oleh dokter yang bertugas.

“Petugas di ruang Puspa Utama Atas, perawatan ramah dan responsif. Kami merasa betul-betul mendapat pelayanan yang diharapkan. Mulai dari karyawan, petugas medis sampai dokter memberikan pelayanan yang baik. Kami merasa sangat diperhatikan,” tutur Rarah, salah satu pasien rawat inap, warga Kelurahan Kota Wetan, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Minggu (09/07/2024).

Terpisah, Direktur RSUD dr. Slamet Garut, dr. H.Husodo Dewo Adi, SpOT mengatakan, pihaknya akan terus mendorong peningkatan peran petugas kesehatan dalam pemahaman dan implementasi pemenuhan hak pasien dan keluarganya.

“Tentunya kami akan terus mendorong dan meningkatkan pengetahuan serta peran tenaga medis kami sebagai bagian instrumen dalam sistem pelayanan kesehatan di rumah sakit,” terang Husodo saat dihubungi hariangarutnews.com, Minggu (09/07/2024).

Husodo menegaskan bahwa sudah menjadi tanggung jawab rumah sakit untuk memberikan pelayanan kesehatan maksimal kepada masyarakat. Ia berharap jajarannya konsisten dan terus membangun komitmen dalam memberikan layanan terbaik agar tingkat kepercayaan masyarakat Garut terhadap pelayanan di RSUD dr. Slamet semakin tinggi.

“Atas dukungan Pemkab Garut, kami tidak berhenti melakukan pembenahan dalam lingkungan rumah sakit. Mulai dari infrastruktur, peralatan medis, dan bidang pelayanan. Kami ingin pastikan pasien memperoleh layanan kesehatan yang bermutu sesuai dengan standar profesi dan standar prosedur operasional,” tandas Husodo.

Direktur RSUD dr. Slamet ini menambahkan, feedback dari pasien sangat penting bagi pengembangan rumah sakit, baik itu feedback positif maupun negatif. Feedback tersebut nantinya akan dijadikan evaluasi untuk perbaikan kedepannya. Dengan begitu, kata Husodo, rumah sakit dapat menyesuaikan pelayanan yang diberikan agar selalu sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasien, pungkasnya.

Sementara, Pj. Bupati Garut, Barnas Adjidin, turut menyampaikan apresiasi pelayanan yang dilakukan petugas medis di RSUD dr. Slamet, khususnya para nakes yang berada di ruangan Puspa Utama tersebut. Disampaikan Barnas, dirinya akan selalu berusaha mendengar aspirasi dan keluhan serta menerima saran, baik dari para pasien maupun masyarakat umum.

“Rumah sakit memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Terciptanya kualitas pelayanan mutu tentunya akan menciptakan kepuasan terhadap pengguna layanan,” tandas Pj. Bupati Garut. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *