BNNK Garut Gelar HANI 2024, GANNA Bacakan Deklarasi Perlawanan Kolektif Anti Narkoba

FOKUS712 views

HARIANGARUTNEWS.COM -Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) yang diperingati setiap tanggal 26 Juni merupakan wujud keprihatinan masyarakat dunia terhadap ancaman narkotika. Untuk lebih memaksimalkan momentum HANI, mengusung tema ”Memperingati HANI 2024 Masyarakat Bergerak, Bersama Melawan Narkoba Mewujudkan Indonesia Bersinar”, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Garut menggelar Deklarasi Perlawan Kolektif dalam rangkaian acara yang dilaksanakan di RM. Mulia, Jln. Raya Cipanas Baru, Kecamatan Tarogong Kaler, Jumat (07/07/2024).

Kepala BNN Kabupaten Garut, AKBP. Deni Yusdanial SIP MH, menyatakan selain kegiatan terpusat yang digelar BNN RI, juga akan ada kegiatan di setiap BNN Provinsi dan Kabupaten/Kota.

“Dalam rangka HANI 2024 memang ada beberapa giat yang dilakukan baik yang terpusat oleh BNN Pusat maupun di tingkat Propinsi dan Kabupaten,” ucap AKBP. Deni.

Kepala BNNK Garut bersama isteri.

Kepala BNNK Garut berharap, dengan peringatan HANI 2024 ini sebagai Gerakan Perlawanan Kolektif Anti Narkotika melalui Deklarasi Anti Narkoba oleh masyarakat Garut dalam upaya mewujudkan Kabupaten Garut Bersih Narkoba (Bersinar).

“Tadipun kita menggelar Deklarasi Anti Narkoba yang dibacakan langsung oleh Ketua DPD GANNA Kabupaten Garut bersama-sama masyarakat Garut. Tentunya hal tersebut guna terbangunnya program kolaborasi Pencegahan penyalahgunaan Narkotika di Kabupaten Garut sesuai amanat Permendagri Nomor 12 Tahun 2019,” ungkapnya.

AKBP. Deni mengaku dengan adanya kegiatan yang melibatkan seluruh elemen masyarakat ini akan meningkatkan imunitas masyarakat Garut dalam menolak segala bentuk peredaran dan penyalahgunaan narkoba, serta meningkatkan kesadaran masyarakat sebagai bentuk perlawanan kejahatan narkotika.

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Garut.

Bertajuk “Informasi dan Edukasi Melalui Pagelaran Seni”, BNNK Garut melakukan serangkaian acara bertemakan Indonesia Bersinar seperti lomba puisi, lomba pantun, dan karaoke. Seluruh penampilan dari peserta mendapat aplaus dari tamu undangan baik performance dari Kasi P2M, Pemberantasan, Rehabilitasi, Bagian Umum, GANNA dan seniman lainnya.

Dalam kesempatan ini, Penggiat Anti Narkoba dari Gerakan Anti Narkotika Nusantara Amartha (GANNA) melakukan deklarasi perang terhadap narkoba. Deklarasi ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2024. Ketua DPD GANNA Kabupaten Garut, Igie N. Rukmana S.Kom membacakan langsung deklarasi tersebut. Berikut isi Deklarasi Anti Narkoba :

Kami seluruh elemen masyarakat Kabupaten Garut yang hadir di tempat ini menyadari bahwa narkoba adalah perusak generasi bangsa, oleh karena itu kami berikrar :

1. Menolak segala bentuk penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba
2. Menyatakan perlawanan terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di manapun berada
3. Mendukung sepenuhnya kebijakan BNN di dalam mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba
4. Mengerahkan segala kemampuan dan potensi masyarakat untuk mewujudkan indonesia bersih narkoba.

Foto bersama Kepala BNNK Garut beserta staf.

Igie mengatakan deklarasi ini bertujuan untuk menyatukan dan menggerakan seluruh kekuatan bangsa dalam perang melawan narkoba untuk mewujudkan Indonesia Bersih Narkoba.

“Saya juga mengapresiasi BNN yang selalu melakukan langkah serius dan tegas untuk menyelamatkan anak bangsa,” kata Igie yang juga sebagai Ketua DPW GANNA Provinsi Jawa Barat.

Sebagai NGO, lanjut Ketua GANNA Garut, sangat mendukung upaya BNN yang telah menyusun rencana aksi nasional tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Precursor Narkotika (P4GN) secara komprehensif dari tingkat di seluruh wilayah tanah air tanpa terkecuali.

Hadir dalam acara, Kepala BNNK Garut, AKBP. Deni Yusdanial, beserta seluruh pegawai, Kepala Kesbangpol Kabupaten Garut, Drs. H. Nurrodhin MSi, Ketua DWP Kabupaten Garut, Lina Marlina Nurdin Yana, beserta staf, Ketua DPD GANNA Kabupaten Garut, Igie N. Rukmana dan anggota, CEO Garut Humanity Ambulance (GHA), Syaffiya Waffie Zakiyah Basri SE dan anggota, beserta tamu undangan lainnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *