Atap Bangunan Bocor dan Lapuk, Masjid Al-Ikhlas Tajur Kidul Kecamatan Cihurip Garut Butuh Bantuan Donatur

FOKUS1,510 views

HARIANGARUTNEWS.COM -Masjid Al-Ikhlas di Kp. Tajur Kidul RT04/06, Desa Cisangkal, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, memerlukan bantuan dari seluruh umat muslim untuk pembangunan dan pengembangan masjid. Masjid yang dibangun sejak tahun 1999 tersebut didirikan secara gotong royong masyarakat dan sudah beberapa kali berganti penerus dari para tokoh agama setempat.

Ketua DKM, Ade Suryana (45), mengatakan tujuan utama melakukan renovasi masjid tersebut adalah untuk memakmurkan masjid Al-Hikmah dan menarik minat para jama’ah sebanyak-banyaknya. Adapun renovasi pembangunan masjid ini pernah dilakukan pada tahun 2022.

Kondisi tempat wudhu.

“Tujuan kita ingin merenovasi masjid ini selain untuk menarik para jama’ah sekaligus untuk memakmurkan masjid Al-Hikmah, juga ada kondisi atap mesjid yang sudah mulai lapuk juga bocor dan tentunya akan membahayakan jamaah yang sedang beribadah baik saat menjalankan sholat maupun pengajian orang tua dan anak-anak,” terang Ade Suryana, kepada hariangarutnews.com, Selasa (16/04/2024).

Ia berharap dengan adanya renovasi nanti Masjid Al-Ikhlas ini para jama’ah khususnya masyarakat Kampung Tajur Kidul, Desa Cisangkal, akan berduyun-duyun datang untuk memakmurkan masjid, menambah nilai religi.

“Semoga nanti setelah masjid ini direnovasi, semakin bisa memberikan kontribusi peningkatan keilmuan pemahaman keagamaan dan ketaatan pada Allah,” harapnya.

Atap mesjid Al-Hikmah.

Disisi lain, Ade mengungkapkan bahwa Masjid yang berdiri diatas tanah seluas 200 M² ini memang bangunan lama dan tidak akan dibongkar secara keseluruhan. Hanya bagian-bagian tertentu saja yang akan dibongkar. Total kebutuhan dana yang dibutuhkan untuk pembangunan Masjid Al-Ikhlas, menurut Ade, adalah sekitar Rp. 300.000.000.

“Antisipasi dana kita buat dalam bentuk proposal dan akan diajukan ke Pemerintah Kabupaten Garut. Untuk swadaya masyarakat kita juga terus melakukan penggalangan dana,” kata Ade.

Tiang-tiang atap mesjid yang sudah mulai lapuk membahayakan jamaah.

Ketua DKM menghimbau kepada warga untuk bisa menjaga dan memelihara masjid dengan baik dan hendaknya terus dimakmurkan untuk generasi penerus kedepannya.

“Saya meminta semangat membangun untuk diteruskan, dengan misalnya memakmurkannya dengan shalat berjamaah,” pungkasnya.

Salurkan amal jariyah anda melalui Bank Perumda BPR Garut Nomor Rekening : 08. 202. 11. 051809 an. Mesjid Al-Hikmah. Informasi lebih lanjut silahkan hubungi HP/WA : 0895 3610 86445. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *