Sosialisasi Anti Narkoba dan Sadar Cinta Alam Warnai Acara Camping Northwall2k di Karacak Valley Garut Kota

FOKUS2,404 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Bertemakan “Meningkatkan Pengetahuan Alam dan Edukasi Milenial di Era Generasi Z”, Komunitas Northwall2k dari Alumni SMPN 2 Kersamanah Kabupaten Garut menggelar Camping Ceria Silaturahmi Bersama di Bukit Caracak Valley, Kelurahan Margawati, Kecamatan Garut Kota pada Sabtu-Minggu (17-18/02/2024).

Penanggung Jawab Acara, Dimas Alif Annurahman menuturkan, kegiatan yang digelar tersebut yakni sebagai wadah berkumpul dan silaturahmi Komunitas Pecinta Alam dan Organisasi Sekolah dengan konsep alam.

“Kegiatan ini awalnya diinisiasi oleh Northwallk2k dari alumni dan supporter sekolah SMPN 2 Kersamanah sebagai bentuk langkah dalam menjalin silaturahmi dengan cara yang berbeda dengan menyatukan konsep alam ke dalam Camping Ceria ini, mengingat jaman sekarang kegiatan seperti ini cukup diminati di kalangan anak muda,” ujar Dimas.

Ia menjelaskan, dengan konsep silaturahmi di alam terbuka bagi para penggiat komunitas diharapkan menjadi warna baru bagi teman-teman untuk menjalin kekerabatan antar satu dengan yang lain dalam hal hubungan baik dan saling bergotong royong.

“Konsep acara yang ditawarkan di Camping Ceria kali ini mulai dari camping komunitas, caving, rokclimbing, edukasi alam, outbond, sosialisasi bahaya narkoba, sharing season dan aksi bersih adalah rangkaian kegiatan acara selama 2 hari ini,” jelasnya.

Dimas menambahkan, pihaknya berharap kegiatan ini dapat menjadi sebuah kolaborasi yang bukan hanya antara sesama komunitas, organisasi dan KPA tetapi juga pemerintah dan masyarakat. Demi keakraban para penggiat komunitas di Kabupaten Garut tentunya.

Dalam kesempatannya, Ketua DPD Gerakan Anti Narkoba Nusantara Amartha (GANNA) Kabupaten Garut, Igie N. Rukmana, S.Kom menyampaikan, penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di kalangan generasi muda dewasa ini kian meningkat. Maraknya penyimpangan perilaku generasi muda tersebut, dapat membahayakan keberlangsungan hidup bangsa ini di kemudian hari.

“Karena remaja dan pemuda sebagai generasi yang diharapkan menjadi penerus bangsa, semakin hari semakin rapuh digerogoti zat-zat adiktif penghancur syaraf. Sehingga remaja dan pemuda tersebut tidak dapat berpikir jernih. Akibatnya, generasi harapan bangsa yang tangguh dan cerdas hanya akan tinggal kenangan,” tandas Igie.

Sementara pengurus Komunitas Pecinta Alam Wanakumbara, Hery Khorul Rizal, Amd, Kep menerangkan, Wanakumbara adalah suatu kelompok yang bertujuan, memiliki minat dan kesadaran untuk melestarikan alam dalam keanekaragaman hayati, lingkungan, dan ekosistem melalui kegiatan-kegiatan seperti hiking, camping, penelitian alam, sosialisasi lingkungan, dan kegiatan lain yang terkait dengan menjaga alam dan meningkatkan kesadaran lingkungan.

“Wanakumbara bisa menjadi wadah bagi teman-teman yang memiliki kepedulian tentang peletarian dan konservasi alam. Komunitas ini bertujuan untuk membantu menjaga alam serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang pentingnya melestarikan lingkungan hidup serta untuk menjalin hubungan sosial antar pelajar, mahasiswa maupun masyarakat umum,” pungkas Hery.

Hadir dalam kegaiatan tersebut, Pimpinan Umum Harian Garut News, Tata Ansorie, S.Kom, Pimpinan Redaksi Harian Garut News sekaligus Ketua DPD GANNA Kabupaten Garut, Pengurus Komunitas Pecinta Alam Wanakumbara, Pengurus dan anggota Northwall2k, Pasukan Semut Pemanjat (PSP), Brotherhood dari SMPN 1 Kersamanah dan Badak Outdor.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *