Kerap Terjun Setiap Gali Kubur, Kepala Desa di Bayongbong Garut Ini Menuai Pujian dari Warganya

SEPUTAR GARUT1,849 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Kepala Desa adalah pejabat pemerintah desa yang mempunyai wewenang, tugas dan kewajiban untuk menyelenggarakan rumah tangga desa dan melaksanakan tugas dari Pemerintah dan Pemerintah Daerah. Kepala Desa memiliki tugas dan fungsi menyelenggarakan pemerintahan desa, melaksanakan pembangunan, pemberdayaan masyarakat, menjaga hubungan kemitraan dengan lembaga dan tugas lainnya sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Menjadi seorang kepala desa juga harus bersikap lebih baik dari masyarakatnya, karena apa yang dilakukannya harus menjadi contoh atau tauladan bagi warga masyarakatnya itu sendiri. Karena, jika seorang kepala desa mengajak kepada warganya untuk melakukan sesuatu hal dilingkungan, itu diawali dari gerak dan langkah kepala desa itu sendiri, sebagai motivasi kepada warganya.

Seperti halnya di Kepala Desa Hegarmanah Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut, H Ade Rukmana Umar Nurasik. Ia kerap kali ditemukan melakukan hal dilingkungannya, bukan hanya intruksi saja, tapi terjun langsung mengerjakan, sehingga ini mendapat respon baik dari warganya.

Kepala Desa Hegarmanah mengenakan kaos berompi coklat.

Saat ada warga yang meninggal, Ade Rukman sudah pasti selalu terjun paling dulu menggali kuburan untuk pemakaman. Ia tak pernah absen dalam setiap kegiatan pemulasaraan jenazah warga masyarakat dilingkungannya. Hal ini tentunya mendapat apresiasi dan respon positif warganya.

“Ya, semalam juga pak kades hadir Alhamdulillah, dimana ada yang meninggal, pasti dia selalu ada,” ujar Tati, Warga Kampung Goler Desa Hegarmanah, saat di lokasi pemakaman warga Kampung Kiarapayung RT 03/02 Desa Hegarmanah, Jum’at (16/02/2024) malam.

Tati juga menyebutkan, urusan menggali kubur untuk pemakaman warga, Kepala Desa Hegarmanah selalu paling depan, bukan hanya ajakan kepada warga masyarakat, tapi langsung melaksanakannya.

“Ini positif sekali, sebagai contoh yang baik untuk warga, karena jarang-jarang setara kepala desa melakukan hal ini,” ucapnya.

Di sisi lain, Tati juga menilai banyak kemajuan dalam pembangunan di Desa Hegarmanah dalam masa kepemimpinan Ade Rukman saat ini. Ia berharap, apa yang dilakukan kepala desa yang positif tentunya, warga bisa mencontohnya. (TN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *