Bangun Sinergitas dalam rangka Harkamtibmas, Kapolres Garut Gelar Silaturahmi Bersama Mitra Polri

HALO POLISI1,722 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Kapolres Garut, AKBP Rohman Yonky Dilatha, S.IK, M.Si, menggelar silaturhami bersama unsur Mitra Polri dari Pokdarkamtibmas Bhayangkara, FKPM, Senkom, Dai Kamtibmas dan Sahabat Polisi di Mapolres Garut, Jalan Jendral Sudirman, Kecamatan Karangpawitan, Selasa (09/08/2023). Acara silaturahmi ini memberikan momentum positif bagi kemajuan Garut ke depannya. Bersama-sama, mereka berkomitmen untuk menjadikan Kabupaten ini sebagai tempat yang nyaman dan aman untuk tinggal, bekerja, serta berkembang.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kabag Ops Polres Garut, Kompol Syauffudin Hamzah, Kabag SDM, Kompol Asep Muslihat Sutarwan, KBO Sat Binmas Iptu Ade Yohanes, Kanit Bin Tibmas Sat Binmas Aiptu Umar Taufik S.Sos.I dan para Ketua Mitra Polri.

Kapolres Garut gelar tatap muka bersama Mitra Polri dari Pokdarkamtibmas, FKPM, Senkom, Dai Kamtibmas dan Sahabat Polisi.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Garut menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus kepada seluruh Mitra Polri atas kerjasama dan dukungannya dalam menjaga dan memelihara keamanan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) di wilayah hukum Polres Garut. Beliau menekankan peran aktif dan berarti yang dilaksanakan oleh Mitra Polri dalam membantu pelaksanaan tugas-tugas kepolisian.

“Saat ini, kami merasakan betapa pentingnya keterlibatan aktif dari Mitra Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Setiap kegiatan selalu dijalankan dengan penuh semangat untuk membantu tugas-tugas kepolisian. Partisipasi masyarakat merupakan bentuk konkret dari upaya bersama dalam memelihara kamtibmas sebagai pengamanan swakarsa,” ujar Kapolres.

Kapolres Garut berharap Mitra Polri senantiasa bisa menjaga nama baik instunsi Polri.

AKBP Rohman Yonky Dilatha menuturkan, dalam upaya mewujudkan Kabupaten Garut yang aman dan kondusif, kehadiran Mitra Polri merupakan cerminan nyata dari sinergi antara masyarakat dan aparat kepolisian. Dengan bahu-membahu, kata Yonki, Polri bersama masyarakat berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang harmonis, sehingga warga dapat hidup dengan damai dan tenteram.

“Tidak hanya berfokus pada tugas rutin kepolisian, kami juga meminta kepada seluruh Mitra Polri untuk memperhatikan berbagai isu sosial dan keamanan yang perlu diatasi secara bersama-sama. Ini mencakup peningkatan kepedulian terhadap lingkungan, pencegahan tindak kejahatan, dan mengatasi potensi kerawanan dalam masyarakat,” ujarnya.

Komitmen Kapolres Yonki untuk menyukseskan gelaran Pemilu tahun 2024 dengan mengajak Mitra Polri agar turut membantu menciptakan kamtibmas yang kondusif, menjadi mata dan telinga Polri dengan selalu koordinasi bersama Bhabinkamtibmas maupun Polsek.

Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Polres Garut, Igie N. Rukmana, S.Kom

“Saya minta agar tahun Politik 2024 menjadi tahun yang sejuk mengingat tahapan-tahapan pemilu sudah dimulai. Tidak ada yang terlibat politik praktis, keberadaan lembaga Mitra Polri harus netral meskipun secara pribadi punya hak masing-masing, bawa kesejukan kepada masyarakat. Jadikan Mitra Polri sebagai garda yang mampu memberikan sosialisasi, edukasi pembelajaran kepada masyarakat,” pintanya.

Disampaikan Kapolres Garut, semangat dan kerja sama yang ditunjukkan oleh anggota kepolisian, dan seluruh Mitra Polri akan menjadi teladan bagi masyarakat luas. Semakin banyak pihak yang ikut serta dalam menjaga keamanan, semakin kokoh fondasi persatuan dan kesatuan di Kabupaten Garut.

Mitra Polri Dai Kamtibmas berharap Polres Garut senantiasa melibatkan dalam berbagai kegiatan PHBN maupun PHBI.

“Keberadaan Mitra Polri harus dirasakan ditengah masyarakat, maka dengan itu kita libatkan dalam berbagai kegiatan seperti apel gabungan skala besar, Lomba Siskamling dan Zero Curanmor antar Polsek, Persiapan Apel Konsolidasi kebangsaan menjelang Pemilu 2024, hingga Sosialisasi jam malam untuk pelajar sampai pukul 23.00 WIB,” beber Kapolres Garut.

AKBP Yonki menambahkan, terkhusus kepada jajaran Kapolsek Se-Wilayah Hukum Polres Garut, Ia berpesan agar senantiasa melakukan diskusi dan membangun komunikasi dengan Mita Polri yang ada di wilayah masing-masing. Jangan sampai terjadi, imbuh Kapolres, para Kapolsek tidak mengetahui keberadaan Mitra Polri yang sudah tersebar di 33 Polsek, pungkasnya.

Ketua Pokdarkamtibmas sebut Mitra Polri mampu bekerjasama dengan semua pihak dalam menjaga Kamtibmas di Kabupaten Garut dengan mengedepankan sikap persuasif.

Sementara dalam kesempatannya, Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangakara Polres Garut, Igie N. Rukmana, S.Kom, mewakili Mitra Polri lainnya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolres Garut yang telah berkenan mengundang jajaran mitranya. Igie berharap, semoga kolaborasi yang harmonis antara kepolisian dan Mitra Polri ini dapat terus berkembang dan menjadi teladan bagi seluruhjajaran di daerah.

“Keberadaan Mitra Polri sebagai mitra setia kepolisian menjadi bukti nyata bahwa masyarakat memiliki andil penting dalam menciptakan ketentraman dan ketertiban bersama-sama dengan pihak berwenang. Kami menyadari, ketertiban dan keamanan, bukan hanya tugas Polri-TNI, tetapi tugas dan peran kami semua. Keterlibatan seluruh masyarakat tentunya sangat diharapkan dalam menciptakan dan menjaga suasana tetap kondusif,” ungkap Igie.

Ketua Pokdarkamtibmas menegaskan, bahwa selama ini pihaknya selalu konsisten membantu kinerja Polri dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat yang ada di 421 Desa dan 21 Kelurahan di Kabupaten Garut ini. Aspek keamanan dan ketertiban, kata Igie, merupakan aspek yang sangat penting dalam proses pembangunan, karena pembangunan tidak akan berjalan baik apabila faktor Kamtibmas tidak berada dalam kondisi yang baik dan kondusif, tandasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *