Jelang Ramadhan Pemkab Garut Gelar Rapat Forkopimda, Bupati Rudy : Saat Arus Mudik, Kosongkan Pedagang di Jalan Ibrahim Adji

FOKUS792 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Garut menggelar acara Rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dalam rangka persiapan menjelang bulan Ramadan 1444 Hijriah sekaligus silaturahmi, bertempat di Area Ruang Pamengkang, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Selasa (21/03/2023).

Rapat Forkopimda ini dipimpin langsung oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan, dan dihadiri oleh Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, beserta unsur Forkopimda Kabupaten Garut.

Bupati Garut menyampaikan, jika rapat kali ini membahas terkait kesiapsiagaan Pemkab Garut dalam menghadapi bulan suci ramadan dan idul fitri yang akan segera dijalankan oleh masyarakat Kabupaten Garut.

“Forkopimda membuat maklumat yang intinya adalah semua harus mempunyai pandangan yang sama bahwa bulan suci ramadan adalah bulan yang disucikan dan harus bersifat khidmat, harus ada satu situasi yang kondusif dalam rangka pelaksanaan ibadah di bulan suci Ramadan semuanya khusyulah,” ujar Bupati Garut.

Pihaknya pun akan segera menindaklanjuti keinginan masyarakat untuk berdagang selama bulan Ramadan. Meskipun begitu, khususnya jalan yang menjadi jalur utama arus mudik seperti Jalan Ibrahim Adjie, pihaknya akan melarang masyarakat untuk berdagang satu minggu sebelum Idul Fitri.

“Yang kedua bahwa kita pun akan segera menindaklanjuti mengenai keinginan masyarakat untuk berdagang selama bulan Ramadan, tapi untuk jalur-jalur yang ada sekarang ini seperti Ibrahim Adjie itu kan jalur utama mudik, jalur utama yang akan kita lakukan jadi selama bulan suci Ramadan atau satu minggu menjelang arus mudik kita harapkan tidak boleh dipergunakan,” ucapnya.

Pihaknya juga, lanjut Rudy, akan mengizinkan Pedagang Kaki Lima (PKL) untuk berdagang di kawasan Pengkolan. Namun ia berharap agar PKL di lokasi tersebut didahulukan pedagang yang telah eksisting atau sudah lama berdagang di Pengkolan Garut. Oleh karena itu, ia mengatakan pihaknya akan menindak tegas jika ada orang yang menjual belikan lapak di kawasan Pengkolan Garut.

“Kalau untuk pengkolan kita memberikan kesempatan pedagang tapi harus tertib,” pungkas Bupati Garut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *