oleh

Hujan Deras, Sejumlah Kecamatan di Garut Selatan Terendam Banjir Bandang

HARIANGARUTNEWS.COM – Sejumlah desa di Kecamatan Mekarmukti, Bungbulang dan Pakenjeng daerah Garut Selatan dilanda banjir bandang akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut pada Jumat (20/01/2023), pukul 13.30 WIB.

“Ya banjir bandang terjadi di beberapa kecamatan yang ada di wilayah Garut selatan,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Satria Budi, melalui sambungan seluler.

Tidak ada korban jiwa dalam serangkaian kejadian banjir. Akibat luapan aliran sungai di sekitar lokasi bencana menyebabkan 60 Kepala Keluarga (KK) terdampak dan beberapa banyak lahan pertanian terendam.

Berdasarkan pantauan hariangarutnews.com, banjir bandang akibat luapan sungai Cirompang tersebut selain melanda Kampung Saparantu, Desa Jagabaya, Kecamatan Mekarmukti, juga menggenangi areal pesawahan seluas 15 hektar di Kampung Wangun, Desa Guna Mekar.

“Kami berharap kepada pemerintah agar segera melakukan pembangunan tembok penahan banjir pada das Cirompang, karena musibah ini sudah beberapa kali terjadi,” ujar salah seorang tokoh masyarakat di Bungbulang, Dadang Imung (40) kepada media.

Upaya dari pemerintah desa, imbuh Ia, sudah beberapakali dilakukan dengan mengajukan pembangunan das tersebut, namun belum terealisasi, pungkasnya. (DG)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru