oleh

Musrenbang RKPD Tahun 2024 di Desa Citangtu Pangatikan, Kasi PMD Sebut Penanganan Kemiskinan Ekstrim Jadi Fokus Usulan

HARIANGARUTNEWS.COM – Berdasarkan jadwal pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Garut Tahun 2024 untuk tingkat desa se Kecamatan Pangatikan. Pemerintah Desa Citangtu menggelar Musrenbang Desa Penyusunan RKPD pada Selasa (17/01/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan di GOR Desa Citangtu tersebut, dihadiri oleh Kasi PMD, Indra Arica SE MM, mewakili Camat Pangatikan, bhabinkamtibmas dan babinsa. Hadir selaku peserta musrenbang, ketua dan anggota BPD, seluruh Ketua RT dan RW, ketua LPM dan anggota, TP PKK dan Kader, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan, korwil pendidikan, BP3K, UPT Pertanian dan Stakeholder lainnya.

Kasi PMD Pangatikan, Indra Arica menyampaikan, bahwa tema musrenbang saat ini adalah untuk Pemantapan Kemandirian dan Kesejahteraan Masyarakat, Mewujudkan Garut Yang Bertaqwa Maju dan Sejahtera.

“Setelah Kick-Off dan Ranwal digulirkan, maka berdasarkan tema musrenbang tersebut harus menjadi dasar pelaksanaan di tingkat desa/kecamatan, diantaranya percepatan pemulihan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat serta penanganan miskin ekstrim jadi fokus utama usulan kegiatan prioritas di Desa-desa se Kecamatan Pangatikan,” katanya.

Lanjut disampaikan Imdra, pengajuan usulan pembangunan infrastruktur di setiap musrenbang tetap mendominasi. Namun, imbuh dia, untuk tahun 2024, harus menyesuaikan dengan tema yang diusung agar sejalan dengan program dari kabupaten.

“Oleh karena kita harus bekerja bersama-sama secara sinergi untuk dapat menciptakan kemajuan dan kesejahteraan Kabupaten Garut sesuai visi misi pak bupati dan pak wakil bupati, yaitu terwujudnya Kabupaten Garut yang bertaqwa, maju dan sejahtera,” pungkasnya.

Ditempat terpisah, Kepala Desa Citangtu, Barlah, menyampaikan rasa terima kasih dan syukurnya atas kehadiran para peserta musrenbang, yang dari awal hingga akhir acara tampak tertib dan terlihat kebersamaannya.

“Saya atasnama Pemerintah Desa Citangtu mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua peserta musrenbang yang telah meluangkan waktu serta pikirannya untuk mensukseskan acara hingga dihasilkan usulan prioritas yang dapat disepakati bersama,” ujar Barlah.

Selain itu juga Barlah berharap, usulan hasil Musrenbang Desa Citangtu untuk tahun 2024 ini dapat diakomodir oleh pemangku kebijakan di tingkat kabupaten. Sehingga kepercayaan masyarakat terkait pelaksanaan musrenbang disetiap tahun semakin tumbuh dan tidak menganggap kegiatan ini hanya ceremonial saja,” pungkasnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru