Di Limbangan Garut, Rintis Jualan Surabi Bisa Kuliahkan Anak di Universitas Negeri

FOKUS, OASE, SEPUTAR GARUT2,409 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Dengan merintis berjualan Surabi sejak tahun 2018, Ecin, seorang ibu rumah tangga yang terus gigih berjuang untuk membantu menopang ekonomi keluarganya. Dia adalah warga Kampung Rancapanjang Desa Neglasari Kecamatan Balubur (Bl) Limbangan Kabupaten Garut.

Sebelumnya, Ecin bekerja di pabrik Garmen bersama suaminya di Bandung. Usaha jualan Surabi mulai digelutinya dari coba-coba, dikarenakan dorongan kebutuhan ekonomi keluarga yang mau tidak mau harus setiap saat di tutupi.

Walaupun dalam proses rintisan sempat terjadi keputusasaan, karena waktu menjalankan usahanya terkadang sehari sama sekali tidak ada dagangannya yang terjual. Ia tak pernah lelah untuk terus berusaha dan sabar.

Kegigihan itu mulai terasa setelah satu setengah tahun berjalan, dengan ketiga anaknya Ecin dan suaminya bisa mulai menikmati hasil dari perjuangan ini.

“Alhamdulillah sekarang mah jualan Surabi mulai terasa hasinya, dan bisa membiayai kuliahnya anak yang pertama di UIN (Universitas Islam Negeri) Bandung, yang kedua mondok pesantren sambil sekolah tingkat SMP. Walaupun kami belum pernah mendapatkan bantuan apapun yang orang lain dapatkan dari pemerintah,” ujar Ecin, Selasa (11/10/2022).

Dari penuturannya, Ecin berjualan di Pengkolan Rancapanjang, Neglasari Limbangan mulai pukul 04.30 WIB sampai tabuh 11.00 WIB. Harapan kepada pemangku kebijakan, agar bantuan bantuan yang diberikan kepada masyarakat harus tepat sasaran, karena di wilayahnya hal itu (tidak tepat sasaran) ada.

“Hawatos anu layak dibantu teu kenging nanaon, ari anu bumi sae kenging bantosan (Kasihan yang layak dibantu tidak dapat apa-apa, yang rumah bagus dapat bantuan,” katanya. (Askos)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *