oleh

KKN Universitas Garut Gelar Sosialisasi Budidaya dan Pengolahan Talas Pratama di Malangbong

HARIANGARUTNEWS.COM – Dalam kiprah pengabdiannya kepada masyarakat, Kelompok Kuliah Kerja Nyata Universitas Garut (KKN Uniga), gelar sosialisasi budidaya tanaman Talas Pratama kepada kelompok tani di Desa Mekarasih Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut, di gedung UPT Pertanian, Sabtu (13/08/2022).

Ketua Kelompok KKN Uniga, Anggi Kurniawan didampingi rekan lainnya, Holis, menyampaikan, bahwa kegiatan yang dilakukan adalah salah satu bentuk pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat.

“Hari ini kami dari tim kelompok KKN Uniga mensosialisasikan cara penanaman Talas Pratama kepada para kelompok tani yang ada di Desa Mekarasih, dan Alhamdulillah, para kelompok tani pun sangat antusias dan menyambut baik dengan kegiatan yang kami lakukan,” ujar Anggi.

Anggi mengatakan, dalam sosialisasi disampaikan tentang tatacara penanaman bibit dan pemupukan. Pemupukan itu dari cara pemupukan kimia dan  pemupukan organiknya juga pupuk kandang sampai ke penyiangan, sampai ke panen dan sampai kepengolahan jadi keripik,” papar Anggi.

Anggi berharap, dengan program tersebut, para kelompok tani  kedepanya tak hanya budidaya penanaman saja, namun dilanjutkan kepada pengolahan pasca panen.

“Artinya, yang biasanya hasil panen (bahan baku) terjual dengan nilai Rp7 ribu, bagaimana caranya bisa sampai nilai Rp30 ribu, saat sudah jadi keripik talas,” ucapnya.

Hal sama disampaikan tim KN lainnya, Holis. Ia mengatakan, para petani di daerah Desa Mekarasih dilihat komoditas unggulannya adalah Jagung. Namun pihaknya mencoba mendorong para petani ke komoditi unggulan lain yang bisa menambah nilai (keuntungan) secara ekonomi bahkan lebih tinggi.

“Kami pun tadi sudah menjelaskan dari mulai hulu  sampai hilir dan sampai pula ke pengolahan pangan itu sendiri  dan semua ini menjadi inovasi baru,” ungkapnya.

Sementara, Ketua Kelompok Tani Mekartani Desa Mekarasih, Endang menyampaikan ucapan terima kasih kepada KKN Uniga yang telah memberikan ilmu kaitan dengan budidaya tanaman Talas Pratama hingga ke pengolahan.

“Ini sangat bermanfaat, menjadi pengetahuan baru bagi kami para petani, bagaimana upaya untuk peningkatan penghasilan, semua ini sangat mengedukasi dan bermanfaat sekali,” kata Endang. (T Supriatna)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru