oleh

Petugas Bala Wista Pantai Sayangheulang Garut Sigap Terima Laporan, Pengunjung : Mereka Respon Cepat Patut Diapresiasi

HARIANGARUTNEWS.COM – Balawista yang merupakan kependekan dari Bala Wisata Tirta yang terdiri dari tim yang umumnya terlatih dan bersertifikat internasional dalam menangani dan mengawasi keamanan pantai. Balawista pada umumnya berada di kawasan pantai yang ramai dikunjungi orang, baik wisatawan asing maupun masyarakat lokal.

Di Kabupaten Garut yang tepatnya wilayah bagian selatan, memiliki beberapa objek wisata pantai dibawah naungan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Diaparbud) Kabupaten Garut diantaranya, Pantai Sayangheulang, Santolo dan Rancabuaya, serta banyak lagi tempat lainnya yang sering dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun luar Kabupaten Garut.

Petugas Bala Wista Pantai Sayangheulang Garut

Keberadaan Bala Wista sangat penting keberdaannya di objek wisata pantai. Hal ini untuk memantau situasi lokasi pantai, pengunjung atau wisatawan kaitan keamanan.

Ditemui beberapa petugas di Kantor Bala Wista Pantai Sayangheulang, yang nampak sigap mengawasi para pengunjung lokasi secara bergantian, guna memastikan para pengunjung aman dan kondusif dari hal apapun.

Salah satu petugas Bala Wista, Jajang Rohidin, didampingi Jajang Suhermansyah dan satu petugas Bala Wista Perempuan Ai Ranti, mengatakan, petugas Bala Wista seluruhnya ada 33 orang yang terbagi di Pantai Sayangheulang, Santolo dan Rancabuaya.

“Disini (Sayangheulang) kami ada sembilan petugas yang setiap hari siap siaga untuk memastikan pengunjung aman di pantai,” ujar Jajang, Minggu (05/06/2022).

Jajang menyebutkan, pihaknya dibawah naungan Disparbud Kabupaten Garut dan para Bala Wista bertugas dari pukul 07.00 pagi hingga pukul 05.00 WIB sore.

“Kita terus memantau lapangan, siaga disini (kantor Bala Wista). Kadang ada laporan orang hilang (pengunjung), yang hanyut berenang di laut. Kita catat setiap ada laporan yang masuk sebagai laporan kami juga di kantor,” jelas Jajang.

Dari ketiga tempat wisata pantai, imbuh Jajang, masing-masing ada koordinatornya dan satu yang jadi ketua yakni di Pantai Santolo.

“Kita pastikan para pengunjung dalam keadaan aman, tertib dan kondusif. Dan kami akan cepat respon apabila ada kejadian, seperti tadi ada yang datang lapor dari pengunjung yang mencari-cari orangtuanya yang sudah lanjut usia, dan alhamdulillah sudah ketemu,” kata Jajang.

Salah seorang pengunjung dari Tasikmalaya, Soni didampingi istrinya Rosita Ariyani, yang ditemui saat melapor sedang mencari orangtuanya, sangat apresiasi atas sikap cepat respon petugas Bala Wista di Pantai Sayangheulang.

“Alhamdulillah petugasnya cepat respon tadi, mereka ini patut diapresiasi. Alhamdulillah juga orangtua saya ketemu,” kata Soni. (Ndy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru