oleh

Disparbud Bersama Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Garut, Gelar Bimtek Tatakelola Desa Wisata Manuk Mandi Cisitu Malangbong

HARIANGARUTNEWS.COM – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) dan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Garut, gelar Bimbingan Teknik (Bimtek) tentang inovasi dan tatakelola Desa Wisata Alam Manuk Mandi, di Aula Desa Cisitu, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Selasa (31/05/2022).

Hadir langsung dalam bimtek, Kepala Disparbud, H Budi Gangan Gumilar SH M Si, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Ir Suhartono, Camat Malangbong, H RM Aliyudin, Kepala Desa Cisitu, Asep Saepudin S IP, babinsa dan babinkantibmas, perwakilan UPT, anggota BPD, LPM, tokoh agama/masyarakat serta, para ketua RW dan RT serta para kader ibu ibu PKK Desa Cisitu.

Dalam Kegiatan tersebut, para kader serta para pelaku usaha yang ada di Desa Cisitu tersebut mempelihatkan produk lokal hasil dari karya warga setempat dari mulai aneka ragam makanan berbeda-beda dan ada juga kerajinan tangan dan lain-lain

Kepala Disparbud, H Budi Gangan Gumilar menyampaikan apresiasi atas keseriusan Pemerintah Kecamatan Malangbong, Pemerintah Desa dan warga masyarakatnya mengenai inovasi desa wisata.

“Saya acungkan jempol baik kepada pemerintahan kecamatan dan pemerintahan desa khusus Desa Cisitu ini termasuk semua warga masyarakat yang ada,” ucap Budi Gangan.

Menurutnya, ia melihat keseriusan semuanya secara gamblang produk-produk lokal di Desa Cisitu yang merupakan potensi yang harus dikembangkan manakala desa wisata ini sudah berjalan.

“Saya nanti beserta tim dan juga nanti bersama dinas koprasi, kami akan bahu-membahu untuk membangun desa wisata Manuk Mandi yang ada di Desa Cisitu ini,” ujar Budi Gangan.

Ia berharap, selama enam bulan kedepan, Wisata Manuk Mandi Desa Cisitu bisa terwujud dengan baik, menjadi motovasi dan menjadi kebangkitan ekonomi Desa Cisitu.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Ir Suhartono menyampaikan, pihaknya bersama disparbud akan kolaborasi guna mendukung bagaimana bisa dikembangkannya desa wisata secara pesat dengan dukungan para pelaku usaha mikro di desa tersebut.

“Dengan adanya Desa Wisata Manuk Mandi ini pastinya pendapatan desa pun akan meningkat dan ekonomi masyarakat di wilayah pun jelas akan meningkat pula,” tuturnya.

Kepala Desa Cisitu, Asep Saepudin S IP, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Disparbud dan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Garut dengan Bimtek yang digelar.

“Terobosan kita ini tentunya merupakan kerjasama semua pihak di Desa Cisitu, semua warga antusias mendukung gotong-royong untuk membangun desa, khususnya desa wisata. Termasuk adanya produk-produk lokal yang tadi diperlihatkan, ini adalah hasil karya masyarakat kami,” kata Asep.

Ia berharap, semoga dengab adanya Desa Wisata Manuk Mandi, seperti disampaikan dari Dsparbud serta Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Garut, akan berdampak pada perekonomian masyarakat. (T Supriatna)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru