oleh

Bangun Sinergitas Seluruh Pecinta Alam di Garut, PPA Jenggala Gelar Silaturahmi

HARIANGARUTNEWS.COM – Salahsatu bentuk komitmen Perhimpunan Penjelajah Alam Jenggala (PPA Jenggala) dalam pelestarian lingkungan, pada momentum setelah lebaran menggelar acara silaturahmi dengan berbagai organisasi pecinta alam yang ada di kabupaten Garut. Acara berlangsung di Sekretariat PPA Jenggala (Area Teras Cimanuk) jalan RSU, Tarogong Kidul. Sabtu (14/05).

Selain berbagai organisasi, turut hadir Kepala Pelaksana BPBD Garut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pemadam Kebakaran, BKSDA, Perhutani, Pengelola Teras Cimanuk dan Pengelola TWA Papandayan.

Dalam sambutannnya, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Garut, R Satria Budi, Sangat menyambut baik kegiatan yang diinisiasi oleh PPA Jenggala, ia berharap kegiatan ini dapat memberikan informasi dan kontribusi positif terhadap pelestarian lingkungan yang berdampak pada pengurangan risiko bencana.

” Bilamana lingkungan tidak dijaga dan tidak menjadikan sahabat, maka lingkungan akan berdampak dan akan menimbulkan masalah yang berkaitan dengan bencana, ” tegas Kalak BPBD.

Untuk itu, imbuhnya, menjaga lingkungan akan lebih baik dalam rangka pengurangan resiko bencana yg diakibatkan oleh keruksanakan lingkungan.

” Setelah pertemuan ini, diharapkan ada kontribusi baik dari berbagai elemen pecinta alam yang diinisiasi oleh PPA Jenggala, dapat memberikan kontribusi baik terhadap penataan lingkungan, khususnya di wilayah kabupaten Garut yang nantinya akan berdampak pada wilayah Jawa Barat pada umumnya, ” ujarnya.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Garut, Jujun Juansyah Nurhakim, dirinya mengapresiasi acara silaturahmi yang digelar. Karena dengan adanya Forum Pecinta Alam, tentunya menjadi aset bagi kabupaten Garut dalam mendorong program konservasi lingkungan.

” Kabupaten Garut memiliki lahan kritis kurang lebih 60 ribu Ha yang memerlukan perhatian serius dari kita semua, untuk itu semoga acara ini bisa menjadikan momentum untuk lebih bersinergis antar pihak, ” harap Kadis LH.

Dalam kesempatan yang sama, ketua PPA Jenggala, Ogie Gumilar, menyampaikan kegiatan ini untuk lebih mempererat tali silaturahmi diantara Pecinta Alam yang ada di kabupaten Garut.

” Selain mempererat tali silaturahmi, kami juga ingin menekankan pentingnya solidaritas terkait dengan lingkungan dan kebencanaan. Selain itu, kami ingin mengajak kepedulian pecinta alam terhadap pelestarian lingkungan dan bencana lebih pada gerakan nyata. Bersama-sama melakukan gerakan nyata, akan menjadi kekuatan besar. Apalagi didukung oleh pihak pemerintah, ” tutup Ogie.

Terpantau oleh hariangarutnews.com, dalam acara silaturahmi tersebut terdapat sesi diskusi dengan materi Lingkungan dan Kebencanaan. Lalu Usai acara, para peserta menandatangani kesepakatan bersama terkait pelestarian lingkungan menjadi tanggung jawab bersama. (Husni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru