Desa Cikedokan Bayongbong Garut Raih Penghargaan Tercepat Entri SIPD

FOKUS, SEPUTAR JABAR1,339 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Camat Bayongbong, Kabupaten Garut, Drs Arip Rumdana, memberikan penghargaan kepada Desa Cikedokan sebagai desa terbaik pertama pada pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun 2022, dalam penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Garut tahun 2023, kategori Entri SIPD tercepat.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Staf Ahli Drs. Ade Hendarsyah Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Sekretariat Daerah Kabupaten Garut, Drs. Ade Hendarsah, disela-sela kegiatan Musrenbang Kecamatan, pada Rabu (02/02/2022). Piagam penghargaan yang diterima langsung Kepala Desa Cikedokan, Kamaludin Efendi bersama Sekretaris Desa, Deni Kurniawan.

Usai menghadiri Musrenbang Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Tahun 2023 tingkat Kecamatan Bayongbong, Drs. Ade Hendarsyah menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Desa Cikedokan yang telah betul-betul memahami sistem pendokumentasian dan pengadministrasian di desanya.

“Tentunya kami mengapresiasi Desa Cikedokan yang telah meraih penghargaan tersebut, dalam katagori mengolah data pembangunan daerah menjadi informasi yang disajikan kepada masyarakat dan sebagai bahan pengambilan keputusan dalam rangka perencanaan, pelaksanaan, evaluasi kinerja pemerintah daerah,” papar Ade.

Sementara itu, Sekretaris Desa Cikedokan, Deni Kurniawan, yang juga selaku Ketua Forum Sekretaris Desa Indonesia (Forsekdesi) Kabupaten Garut mengatakan, beberapa persoalan pun akan muncul ketika sekretaris desa tidak mampu menjalankan tugas sebagaimana mestinya. Agar sekretaris desa dapat bertindak dengan benar, lanjut Deni, sebagai pelaksana pelayanan masyarakat dan administrasi, maka perlu ditingkatkan pemahaman manajerialnya dengan berpedoman pada ketentuan yang berlaku.

“Seorang sekretaris desa harus mampu menjalankan fungsi administrator dengan penuh tanggungjawab, jujur, tidak melakukan penyimpangan dan penyalahgunaan kewenangannya, agar pemerintah desa selalu dihormati dan dipercaya oleh masyarakat,” pungkas Deni (Adam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *