Kalak BPBD Garut Terjunkan Tim untuk Penanganan Bencana Banjir di Balewangi Cisurupan

HARIANGARUTNEWS.COM – Banjir yang menerjang Kampung Bojong, Desa Balewangi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, pada Rabu (02/02/2022), ini dampak dari hujan deras yang terus mengguyur dengan intensitas tinggi.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut, Satria Budi, kepada hariangarutnews.com menyampaikan, banjir pada Rabu kemarin, terjadi sekitar pukul 18.00 WIB, yang diakibatkan hujan deras terus menerus lebih dari 2 jam, dari mulai pukul 15.30 WIB sampai dengan jam 18.00 WIB.

“Yang menyebabkan terjadinya banjir, ini diakibatkan debet air yang masuk ke gorong gorong atau drainase, tidak bisa menampung besarnya air. Ditambah drainase dan gorong-gorong tersumbat oleh material sampai dan ranting-ranting pohon,” ujar Kalak BPBD Garut, Satria Budi, Kamis (03/02/2022).

Satria Budi juga menjelaskan, pada kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Namun, beberapa rumah ada yang terdampak akibat banjir tersebut. BPBD Garut, imbuh dia, bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Poswil Cikajang, unsur Forkopimcam Cisurupan, Pemerintah Desa dan masyarakat Desa Balewangi ditambah Relawan kebencanaan, melaksanakan dukungan kebersihan pada lokasi terdampak dan normalisasi drainase.

“Alhamdullilah sekarang masyarakat sudah kembali melaksanakan aktifitas seperti biasa,” pungkas Kalak BPBD Garut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *