oleh

BPBD dan Dinas Sosial Garut Salurkan Bantuan Korban Kebakaran di Pakenjeng

HARIANGARUTNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Garut melalui Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyalurkan bantuan kepada korban kebakaran di Kampung Pangalihan RT01/01, Desa Jatiwangi, Kecamatan Pakenjeng, Sabtu (07/01/2022). Dikabarkan sebelumnya bahwa rumah milik pasangan suami isteri Ilham (22) dan Fuji Kamila (18) diduga karena terjadi konsleting listrik sehingga mengeluarkan percikan api yang akhirnya membakar rumah milik Ilham.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, namun korban menderita kerugian materi sekitar 35 juta rupiah berikut surat-surat berharga. Bantuan tersebut langsung diberikan pihak Dinas Sosial dan BPBD Garut yang selanjutnya diterima langsung oleh Ilham beserta keluarganya dengan  disaksikan oleh Pemerintah Desa setempat. Musibah kebakaran yang menimpa rumah Ilham, terjadi pada Jumat (06/01/2022) pagi. Rumah panggung yang dimilikinya habis dilalap si jago merah.

BPBD Kabupaten Garut sigap salurkan bantuan kepada korban kebakaran di Pakenjeng.

Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman mengatakan bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian Pemkab Garut terhadap keluarga korban kebakaran atau yang mendapatkan musibah kebakaran.      Sementara itu untuk meringankan korban, warga setempat  mengadakan bakti sosial bergotong royong membantu membersihkan puing-puing dan memperbaiki rumah milik korban.

“Setelah Dinas Sosial dan BPBD melakukan koordinasi dengan aparat setempat serta melakukan assessment ke lokasi kejadian bencana langsung memberikan bantuan logistik. Bantuan yang di berikan dari mulai selimbut, matras, family kit, paket sembako, paket sandang, alat dapur, paket siap saji, keperluan mandi dan yang lainnya,” jelasnya.

Wabup menambahkan bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi para korban, paling tidak sedikit membantu dan meringankan beban hidup korban. Ia pun menghimbau kepada seluruh masyarakat agar senantiasa waspada akan bahaya kebakaran, sumber -sumber pemicu kebakaran yang diantaranya, Instalasi listrik yang sudah tua dan selang tabung gas yang sudah usang diharapkan diganti dengan yang baru.

Tak ketinggalan, Dinas Sosial Kabupaten Garut salurkan bantuan logistik untuk korban kebakaran di Pakenjeng.

“Dengan adanya kejadian tersebut di harapkan masyarakat lebih waspada dan sering-sering mengecek tabung gas LPG maupun peralatan listriknya apabila sudah tidak layak cepat di ganti, sehingga kejadian tersebut tidak terulang kembali,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua RW01 Desa Jatiwangi, Iwan Gunawan menyambut positif adanya bantuan yang diberikan oleh Dinas Sosial dan BPBD Garut tersebut. Dengan adanya bantuan yang disalurkan ini, kata Iwan, korban sangat antusias dan berterimakasih, karena memang saat ini sedang membutuhkan uluran tangan para dermawan

“Tentu ini sangat membantu meringankan beban warga kami. Terima kasih kepada Pemkab Garut,” jelasnya. (Igie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru