Amartha Foundation, Kembali Peduli kepada Korban Kebakaran di Garut Jawa Barat

FOKUS909 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Peduli kepada sesama, kembali Yayasan Amartha Foundation dari Yogyakarta turut memberikan bantuan kepada korban kebakaran keluarga Ilham (22) dan Fuji (18) warga Kampung Pangalihan RT01/01, Desa Jatiwangi, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (07/01/2022).

Pimpinan Amartha Foundation, BRM Dimas Bayu Amartha mengatakan, pihaknya atas nama sesama umat muslim memberikan bantuan itu, agar dapat meringankan beban korban yang tertimpa musibah. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, namun korban menderita kerugian materi sekitar 35 juta rupiah berikut surat-surat berharga.

Bantuan tersebut langsung diberikan pengurus Amartha Foundation Garut yang selanjutnya diterima langsung oleh Fuji beserta keluarganya dengan disaksikan oleh Ketua RW01 Desa Pakenjeng, Iwan Gunawan dan Ketua RT setempat. Musibah kebakaran yang menimpa rumah Ilham, terjadi pada Jumat (06/01/2022) sore. Rumah panggung yang dimilikinya habis dilalap si jago merah.

“Alhamdulillah, indahnya berbagi. Sebagai umat muslim, kita punya kewajiban, ketika saudara seiman kita tertimpa musibah, kita harus mengulurkan tangan membantunya, melalui pengurus Amartha Foundation yang ada di Garut Jawa Barat, kita berikan bantuan, Insya Allah berkah,” kata BRM Dimas Bayu Amartha, Sabtu (07/01/2022).

Selain bantuan logistik, Fuji Kamila, korban kebakaran di Pakenjeng Garut menerima santunan dari Amartha Foundation.

Lanjut Bayu, apa yang diperbantukan yakni berupa uang tunai dan logisik mulai selimbut, matras, family kit, paket sembako, paket sandang, alat dapur, paket siap saji, keperluan mandi dan yang lainnya guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Korban kebakaran, lanjut Dia, tidak bisa mencukupi keperluan hidup karena mengalami musibah.

“Mereka habis terkena musibah, jadi kita berikan santunan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ujar Pimpinan Amartha Foundation.

Sementara itu, Pengurus Amartha Foundation di Garut, yang juga Ketua DPD PANNA Kabupaten Garut, Igie N. Rukmana menuturkan, kegiatan Baksos ini merupakan yang kesekian kalinya Amartha Foundation menyalurkan bantuan kepada korban kebakaran di Garut. Igie pun berharap amanah yang diberikan bisa membantu meringankan beban warga yang menjadi korban musibah kebakaran. Dia menyampaikan dalam penyaluran bantuan ini, pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mematuhi anjuran pemerintah.

“Sesuai arahan founder, kami diinstruksikan untuk terjun langsung mendata korban musibah kebakaran dan menyalurkan bantuan, semoga bermanfaat, dan keluarga korban kebakaran yang juga anggota PANNA DPC Pakenjeng diberikan ketabahan,” ujar dia.

Sementara itu Ketua RW01, Iwan Gunawan menyambut positif adanya bantuan yang diberikan oleh Amartha Foundation tersebut. Dengan adanya bantuan yang disalurkan ini, kata Iwan, korban sangat antusias dan berterimakasih, karena memang saat ini sedang membutuhkan uluran tangan para dermawan

“Tentu ini sangat membantu meringankan beban warga kami. Terima kasih kepada Pimpinan Amartha Foundation, Bapak Dimas Bayu Amartha dan pengurus PANNA Garut,” jelasnya.

Dikabarkan sebelumnya bahwa rumah milik pasangan suami isteri Ilham (22) dan Fuji Kamila (18) diduga karena konsleting listrik sehingga mengeluarkan percikan api yang akhirnya membakar rumah miliknya. Sementara itu untuk meringankan korban, warga setempat mengadakan bakti sosial  bergotong royong membantu membersihkan puing-puing dan memperbaiki rumah milik korban. (Jep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *