Tiga Desa di Garut Harus Gelar Musdes Pemilihan Kepala Desa

FOKUS4,037 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Kabid Pemdes), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Garut, Idad Badrudin SE, terus melakukan serangkaian kegiatan monitoring dan pembinaan berkaitan dengan kinerja pemerintahan desa. Terutama dengan adanya beberapa desa yang saat ini terjadi kekosongan jabatan kepala desa definitif, karena meninggal dunia.

Dijelaskan Idad, ada beberapa desa yang saat ini akan melangsungkan Musyawarah Desa Pemilihan Kepala Desa Pengganti Antar Waktu (Musdes Pilkades PAW), karena kepala desa definitif meninggal dunia saat sedang menjabat.

Sesuai amanah Undang Undang Desa, peraturan pemerintah, peraturan menteri dan turunan kebawahnya, lanjut Idad, maka ini akan dilaksanakan Musdes Pilkades PAW, dimana nanti kepala desa terpilih hasil PAW akan melanjutkan sisa jabatan kades sebelumnya (yang meninggal dunia).

“Alhamdulillah beberapa kegiatan di desa sudah berjalan, termasuk kemarim sudah menyelesaikan tahapan Musdes PAW di Kecamatan Leles sudah dilaksanakan, dan besok hari Rabu, insyaAllah kami akan melaksanakan Musdes PAW di Desa Girimukti Kecamatan Cibatu, dan hari ini pun sedang dilaksanakan untuk seleksi perangkat desa,” terang Kabid Pemdes DPMD Garut, Senin (10/01/2022).

Lebih lanjut disampaikan Idad, untuk desa yang akan menggelar Pilkades PAW ditahun 2022 diantaranya, Desa Girimukti Cibatu, Desa Kandangmukti dan Desa Cangkuang, Kecamatan Leles.

Idad juga menambahkan, mengenai pengangkatan dan atau pemberhentian perangkat desa sudah diatur juga dalam Undang Undang Desa, peraturan pemerintah, peraturan menteri dan turunan kebawahnya. Tidak bisa begitu saja diberhentikan oleh kepala desa tanpa alasan yang jelas.

“Apabila perangkat desa ada yang mengundurkan diri, meninggal dunia atau hal tersangkut hukum. Mekanisme pengangkatannya, di desa dibentuk panitia seleksi dan mengajukan test tertulisnya ke DPMD dan pelaksanaannya di desa,” pungkas Kabid Pemdes. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *