oleh

Dampingi Menteri Koperasi dan UKM, Wakil Bupati Garut Tinjau Selaawi Bamboo Festival 2021

HARIANGARUTNEWS.COM – Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Teten Masduki, tinjau lamgsung gelar Selaawi Bamboo Ferstival Tahun 2021, hari kedua di Kecamatan Selaawi, Sabtu (18/12/2021).

Turut hadir pula mendampingi Menteri Koperasi dan UKM, Duta Besar RI untuk Ukraina, Prof. Dr. Yuddy Chrisnandi, Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman, para camat dan unsur Forkopimcam, para kepala desa dan kepala sekolah se-Kecamatan Selaawi.

Bambu menjadi ciri khas dan potensi unggulan dalam upaya peningkatan ekonomi warga masyarakat di Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut. Potensi tanaman bambu banyak sekali manfaat dan kegunaannya. Untuk kondisi alam, akar bambu bisa menahan terjadinya pergeseran tanah atau erosi yang berdampak pada bencana alam.

Dalam kehidupan sehari-hari, bambu juga bisa digunakan bahan material bangunan rumah, perkakas rumah tangga dan bahkan dari bambu, banyak kerajinan anyaman, kandang hewan peliharaan dan sangkar unggas bahkan hingga kerajinan unik cendramata atau buah tangan yang menarik.

Hal ini tentunya yang menginspirasi Pemerintah Kabupaten Garut dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, terkhusus Camat Selaawi selaku penggagas, menggelar Selaawi Bamboo Festival 2021.

Contoh produk kerajinan bambu di Kecamatan Selaawi Garut

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, disela kunjungannya dalam acara, menyampaikan apresiasi atas inisiasi gelaran Selaawi Bamboo Festival tersebut. Menurutnya, bambu mempunyai nilai ekonomi yang cukup bagus, apalagi dengan bahan baku bambu dibuat berbagai macam kerajinan hingga menjadi sangat bernilai dan harga jual tinggi.

“Mudah-mudahan ini (Bamboo Festival) berkelanjutan dalam setiap tahunnya,” ujar Teten Masduki.

Hal senada diungkapkan Duta Besar RI untuk Ukraina, Prof. Dr. Yuddy Chrisnandi yang menyambut baik dan mendukung upaya yang dilakukan Camat Selaawi, sehingga mempunyai gagasan Festival Bamboo.

“Pak Camat Ridwan sangat luar biasa dan secara pribadi saya mendo’akan mudah-mudahan suatu saat mendapatkan amanah yang lebih besar, sehingga ide dan gagasannya bisa bermanfaat secara luas tidak hanya di Kecamatan Selaawi saja, namun juga di Kabupaten Garut dan seluruh tatar Sunda,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman menuturkan, atas nama pemerintah daerah, mengapresiasi kegiatan yang digelar Camat dan warga Kecamatan Selaawi.

“Mudah-mudahan kerajinan bambu di Kabupaten Garut lebih terkenal, baik nasional maupun mancanegara,” harapnya.

Sementara, Camat Selaawi, Ridwan Effendi S STP M Si, merasa bersyukur dan bangga, acara Selaawi Bamboo Festival 2021 bisa terlaksana digelar, apalagi langsung mendapatkan kunjungan Menteri Koperasi dan UKM, Duta Besar serta Wakil Bupati Garut atas nama pemerintah daerah.

“Ini anugerah untuk seluruh warga Kecamatan Selaawi, atas hadirnya para tamu undangan spesial, baik setingkat nasional dan daerah. Motivasi yang sangat luar biasa bagi kami dan warga masyatakat yang berada di Selaawi, sehingga diharapkan warga masyarakat tumbuh optimisme, bangkit dan terus semangat dalam mengembangkan kreativitasnya,” kata Camat Selaawi. (T Supriatna)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru