11 Kecamatan Sudah Lunas PBB, Bupati Garut Minta Inspektorat Turun Ke Desa Lakukan Penelitian

FOKUS1,724 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Dalam apel gabungan di lapangan Setda Garut, Senin (04/10/2021), Bupati Garut H Rudy Gunawan kembali memberikan piagam penghargaan kepada enam camat atas telah lunasnya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dari masyarakat dalam wilayah kerjanya.

Ke-enam Camat yang mendapatkan piagam penghargaan diantaranya Camat Cigedug, Pasirwangi, Leuwigoong, Cikajang, Sukawening dan Selaawi. Penyerahan piagam langsung oleh Bupati Garut Rudy Gunawan, didampingi Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman, Sekretaris Daerah Drs H Nurdin Yana MH dan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Hendra S Gumilang.

Kepala Bapenda Garut, Hendra S Gumilang bersama 6 Camat yang mendapatkan penghargaan, pada Senin (04/10/2021)

Dalam sambutanya, Bupati Rudy menyampaikan ucapan terima kasih kepada para camat yang wilayah kerjanya sudah lunas dalam pembayaran PBB sesuai jatuh tempo.

“Kita berikan ucapan selamat dan tepuk tangan bagi enam camat yang hari ini lunas PBB. Jadi yang lunas PBB, saat ini saya hitung ada sebelas, kita tunggu 31 kecamatan lagi ya, untuk bisa lunas PBB,” ujar Rudy dalam sambutan apel.

Namun, sambung Rudy, dalam kondisi ini, ia pun meminta kepada Inspektorat agar bisa mengecek, penelitian langsung ke lapangan di lingkungan pemerintah desa yang telah lunas PBB.

“Yang bayar PBB itu kepala desa atau rakyatnya. Jangan sampai nanti untuk mendapatkan itu (penghargaan lunas), talangan dulu dari Dana Desa,” tandas Rudy.

Rudy meminta, hal tersebut juga dilakukan penelitian karena ini bagian dari tugas Inspektorat untuk melakukan penelitian terhadap keuangan desa.

“Mudah-mudahan kalau memang rakyatnya yang bayar PBB, tentu ini adalah gotong royong dalam rangka membangun Kabupaten Garut. Esensinya adalah gotong royong. Kalau pembayaran PBB-nya antusias dari masyarakat, artinya masyarakat percaya, bahwa dia merasakan manfaat pembangunan yang kita laksanakan ke desa-desa,” pungkas Rudy Gunawan. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *