Tidak Adanya Jamban Sehat Masih Jadi Kendala dalam Pencanangan ODF di Kabupaten Garut

HARIANGARUTNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Garut telah mencanangkan tentang perubahan prilaku hidup bersih dan sehat terkait Open Defecation Free (ODF) atau disebut juga Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop-BABS).

Anggota Forum Kabupaten Garut Sehat (FKGS) Oom Komalawati, S Sos, MM, yang juga menjabat Sekertaris Kecamatan (Sekmat) Sukaresmi, melakukan sosialisasi dengan tokoh masyarakat dalam rangka menindaklanjuti Peraturan Bupati Garut tentang Pentingnya ODF.

“Masalah ini harus bertidak cepat, pihaknya (FKGS) bersama pemerintahan kecamatan sudah melayangkan pengajuan ke pihak-pihak terkait untuk atasi tidak adanya jamban sehat di beberapa desa yang ada di Kecamatan Sukaresmi,” ujar Sekmat Oom, Senin (04/10/2021).

Lanjut disampaikan Oom, mewakili Forum Kabupaten Garut Sehat dirinya siap membatu mendeklarasikan Kecamatan Sukaresmi ODF mencapai 100%.

“Kecamatan Sukaresmi diperkirakan untuk saat ini baru 65 persen dari empat desa, mencakup tiga desa yang belum ODF. Mudah-mudahan pengajuannya terealisasi secepatnya,” pungkasnya.

Pantauan hariangarutnews.com di beberapa desa di Kecamatan Sukaresmi, tidak adanya jamban sehat pribadi di masyarakat masih jadi kendala terhambatnya suksesnya pencanangan ODF sesuai dengan keinginan pemerintah daerah.

Banyak warga masyarakat yang tentunya berkeinginan memiliki jamban sehat. Namun karena keterbatasan ekonomi, tentunya ini perlu peranan berbagai pihak termasuk pemerintah daerah dengan program jamban komunal sehat untuk warga yang kurang mampu membangun jamban sehat, agar pencanangan ODF di Kabupaten Garut sukses terlaksana. (MAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *