oleh

Pasca Banjir di Cisurupan Garut, Pemerintah dan Unsur TNI-Polri bersama Warga Masyarakat Lakukan Kerja Bakti Bersihkan Sampah

HARIANGARUTNEWS.COM – Pasca banjir yang terjadi beberapa hari yang lalu, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) bersama Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Kepala Desa, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Yonif Raider 303/SSM, Organisasi Masyarakat (Ormas), Organisasi Kepemudaan (OKP), warga dan seluruh komponen masyarakat lainnya lakukan kegiatan kerja bakti bersihkan sisa sampah di wilayah Desa Cisurupan, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Rabu (29/09/2021).

Kerja bakti ini dilakukan demi menciptakan kembali lingkungan yang bersih dan bebas dari sampah, serta menyadarkan warga masyarakat agar tetap menjaga lingkungan.

Saat dikonfirmasi hariangarutnews.com, salah satu unsur Forkopimcam, Danramil 1115 Cisurupan, Kapten Inf Iyus Rustandi mengatakan, hari ini kita seluruh komponen masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Cisurupan bersama-sama bahu membahu menyelesaikan kegiatan kerja bakti pasca banjir yang terjadi kemarin kurang lebih tiga hari kebelakang.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar dan betul-betul bisa terlaksana dengan baik atas kerja sama kita semua,” katanya saat diwawancarai hariangarutnews.com, Rabu (29/09/2021).

Iyus Rustandi juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat kegiatan hari ini dan menghimbau seluruh warga yang ada di Kecamatan Cisurupan agar tetap menjaga lingkungan.

“Saya menghimbau serta mengingatkan kepada seluruh warga cisurupan terutama yang ada di daerah hulu yang berkaitan dengan munculnya titik air pertama ketika hujan. Dihimbau dari mulai pembuangan sampah, menjaga kebersihan di sekitar selokan yang ujungnya akan melewati perpetaan wilayah Kecamatan Cisurupan,” ujarnya.

Salah satu anggota Yonif Raider 303/SSM, Lettu Inf Risma Arif menuturkan, kami ikut berpartisipasi dalam membantu meringankan beban masyarakat dalam rangka melaksanakan kerja bakti membersihkan sisa sampah yang diakibatkan hanyut terbawa oleh banjir.

“Maka dari itu kita memperbantukan setengah kekuatan dari pasukan kita untuk membantu masyarakat cisurupan agar desa kembali rapih, bersih dan tertata,” tuturnya.

Kepala UPT PUPR Kecamatan Cisurupan, Adin, S.E menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu upaya dari Forkopimcam dan UPT PUPR untuk mengajak warga masyarakat agar kembali membiasakan diri dalam penanggulangan bencana, seperti halnya mengatasi banjir yang terjadi beberapa hari yang lalu.

“Mudah-mudahan kegiatan menjadi acuan atau agenda rutin supaya warga kembali gotong royong dalam menjaga kebersihan di lingkungannya masing-masing,” ucap Kepala UPT PUPR Kecamatan Cisurupan.

Lebih lanjut, Adin mengharapkan agar seluruh warga yang ada di Kecamatan Cisurupan harus menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Harapan saya seluruh warga masyarakat yang ada di Kecamatan Cisurupan tidak lagi membuang sampah sembarangan ke sungai untuk meminimalisir terjadinya banjir,” tandasnya. (Din-Ricky)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru