oleh

Kepala Desa Terpilih Telah Dilantik, Ketua Fraksi Golkar DPRD Garut Berpesan Semuanya Harus Bekerja Ekstra

HARIANGARUTNEWS.COM – Sebanyak 214 Kepala Desa terpilih hasil Pilkades serentak pada 8 Juni 2021 lalu, secara resmi telah dilantik oleh Bupati Garut secara virtual. Di gedung Pamengkang komplek Pendopo Garut, Rabu (28/07).

Ketua Fraksi Golkar DPRD Garut, H Deden Sopian mengucapkan selamat bagi seluruh kepala desa yang dilantik tersebut. Deden juga memberikan saran agar kepala desa yang telah dilantik menjadi pemimpin yang mampu bekerja ektra, karena langsung dihadapkan dalam kondisi pandemic covid 19.

“ Mulai hari ini anda adalah sebagai pemimpin masing-masing desanya. Arah pembangunan desa ada dipundakmu dan sebagai pemimpin dilevel 4 dalam urutan pemerintahan (Kepala Negara, Kepala Daerah Provinsi, Kepala Daerah Kabupaten/ Kota, Kepala Desa) semua urusan pemerintahan akan bermula di desa POLEKSOBUDHANKAM (Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya, Pertahanan dan Keamanan), “ terang Deden.

Saya pernah menjadi kepala desa selama dua periode (1994 – 2004), imbuh Deden, tepatnya di desa Cikembulan kecamatan Kadungora yang menjadi top nya Taman Satwa Cikembulan. Tentunya sangat merasakan hal itu, ada pribahasa kepala desa itu sebagai ujung tombak dan ujung tombok.

“ Jadi Kepala Desa itu tidak ada sekolahannya, jadi kuncinya sing bisa kudu bisa pa bisa-bisa. Curilah hati masyarakat dari awal, karena masyarakat akan memulai penilaiannya dari kesan pertama atau awal startnya. Artinya jika awal baik masyarakat pasti mengikuti dengan kecintaan, namun jika awalnya bermasalah maka akan sulit memulihkan kepercayaan, “ himbaunya.

Masih dikatakan Deden, dukungan dan kepercayaan masyarakat adalah modal terbesar dari suatu kepemimpinan, dengan dukungan yang besar dari masyarakat apapun bisa kita kerjakan karena kebersamaan. Hindari perbuatan yang tidak baik menurut hukum dan norma serta harus disadari bahwa kita sekarang sudah menjadi publik pigur, artinya seluruh tingkah dan laku akan menjadi sorotan, jangan lelah belajar karena belajar sebagai kunci sukses dan posisikan diri hanya untuk mengabdi melayani dan mensejahterakan masyarakat.

“ Posisi kepala desa adalah posisi eksekutif atau pelaksana semua kegiatan sesuai hasil kesepakatan mubangdes yang disetujui BPD dan lembaga lainnya ditingkat desa. Selamat berjuang, Selamat memulai Hidup baru, tanggung jawab baru dan kesuksesan baru, “ pungkas Deden. (Husni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru