oleh

Langka Terjadi, di Malangbong Garut Pemenang Pilkades hanya Beda Satu Suara

HARIANGARUTNEWS.COM – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahap 2 gelombang 1 tahun 2021 se-Kabupaten Garut sudah digelar, pada Selasa (08/06/2021) termasuk 13 desa di Kecamatan Malangbong sukses, tertib, lancar dan kondusif dalam pelaksanaannya.

Pantauan hariangarutnews.com di Kecamatan Malangbong, dari 13 desa yang menggelar Pilkades, ada hal unik dalam hasil perhitungan perolehan suara para calon kades di Desa Sakawayana, dimana calon pemenang atau Kepala Desa terpilih, hanya beda satu suara saja dengan salah satu calon. Namun ini tidak menjadi hal yang membuka permasalahan, karena para calon satu sama lain saling menyadari dengan harmonis dan kekeluargaan.

Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) Sakawayana, Iin Jaenal Mutakin, kepada hariangarutnews.com membenarkan bahwa hasil perolehan suara para calon, pemenang hanya selisih satu suara dengan satu calon lainnya.

“iya dari jumlah 9 TPS di Desa kami, pemenang cuma selisih satu. Namun Alhamdulillah situasi kondusif dan aman,” ucap Iin.

Pihak PPKD, lanjut Iin, sangat memgapresiasi para calon dan warga pendukung, karena menurutnya, ini adalah kemenangan bersama warga Desa Sakawayana.

“Warga Desa Sakawayana kondusif, sukses tanpa ekses, karena kami mengutamakan kebersamaan, keharmonisan dan kekeluargaan,” tutur Iin.

Iin juga menjelaskan, saat rapat pleno di PPKD dengan pantauan dan dihadiri langsung Camat Malangbong H RM Aliyudin, Kapolsek AKP Abusono SH dan Danramil Kapten CHB Sobirin, termasuk petugas yang diperbantukan pengamanan Pilkades dari Polres Garut Aiptu Deni. Para Ketua KPPSD dan anggota, para Saksi calon.

Hasil pleno PPKD, suara terbanyak dimenangkan oleh nomor urut 5 Ateng Jajuli dengan perolehan 850 suara yang selisih satu dengan nomor urut 3 Nasrudin yang memperoleh 849 suara. Calon lainnya, nomor urut 4 Dede Juhana meraih 525 suara, nomor urut 1 Rahmat Widodo 384 suara dan Asep Jalaludin dengan perolehan 253 suara.

Plt Desa Sakawayana, Usep Jaenudin, bernada sama dengan PPKD, bahwa saat ini situasi aman dan kondusif, tidak ada hal-hal yang negatif satu sama lain.

“Alhmdulillah situasi dalam keadaan aman dan tentram. Ini semua perlu diapresiasi oleh semua pihak,” kata Usep.

Sementara, Camat Malangbong H RM Aliyudin, menyebutkan, 13 desa yang melaksanakan Pilkades di wilayah kerjanya semuanya aman terkendali.

“Ini semua berkat kerjasama semua pihak, terutama PPKD dan KPPSD, pemerintah desa, bhabinkamtibmas, babinsa, anggota linmas, tokoh masyarakat dan semua warga masyarakat,” ungkap Camat.

Menanggapi perolehan di Desa Sakawayana yang tidak menimbulkan hal yang mengkhawatirkan atau mengarah negatif, Camat Malangbong mengungkapkan kebanggaannya.

“Alhamdulillah keadaan aman, tentram dan terkendali. Saya apresiasi atas kondisi ini. Meski pemenang hanya beda satu suara, para calon legowo dan menerima hasil pilihan masyarakat. Patut dicontoh,” kata Camat Malangbong. (T Supriatna)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru