oleh

Camat dan Tokoh Masyarakat Apresiasi Mobilitas Pokdarkamtibmas Bhayangkara Sektor Cibatu

HARIANGARUTNEWS.COM – Pengurus Kelompok Sadar (Pokdar) Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) Bhayangkara Polsek Cibatu Polres Garut, yang terdiri dari berbagai tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan komponen lainnya kerap gencar membantu tugas-tugas kepolisian di wilayah hukum Polsek Cibatu.

Seperti yang disampaikan Camat Cibatu, Sudirman Tanjung, jajaran pengurus dan anggota Pokdarkamtibmas Sektor Cibatu selalu membantu baik tugas-tugas TNI/Polri maupun Pemerintah Kecamatan dan Desa. Tanjung mengatakan, semoga sinergitas dan tali persaudaraan antara Forkopim Kecamatan dan Pokdarkamtibmas Cibatu senantiasa terjalin baik, solid serta kompak terus demi keamanan dan ketertiban, khususnya di Kecamatan Cibatu.

“Alhamdulilah kami ucapkan terimakasih kepada pengurus dan anggota Pokdarkamtibmas, dan kepada seluruh masyarakat Cibatu, Kami bukan apa-apa tanpa peran serta dari seluruh elemen masyarakat Cibatu. Upaya itu menjaga rasa aman bukan semata tugas aparat keamanan, kita semua punya kewajiban untuk memastikan situasi tetap kondusif,” ujar Camat Cibatu.

Sementara, tokoh masyarakat dari Padepokan Pencak Silat Gajah Putih Paguron Putra Lugay Pustaka di Kampung Selaawi RT02/07 Desa Mekarsari, Cece Abdurohman, menyambut positif dan sangat bangga dengan adanya Pokdarkamtimbas Bhayangkara Sektor Cibatu. Ia berharap organisasi ini dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Dalam melaksanakan program kerja, ia berharap organisasi ini senantiasa bersinegi dengan jajaran kepolisian. Karena pada prinsipnya Pokdarkamtibmas merupakan mitra kerja Polri dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Saya berharap organisasi ini mampu memberikan pengayoman bagi masyarakat dan dapat membantu tugas TNI/Polri untuk mewujudkan Kecamatan Cibatu yang aman dan damai,” imbuh Cece.

Sosialisasi protokol Kesehatan Penanganan Covid-19 di wilayah hukum Polsek Cibatu.

Ketua Pokdarkamtibmas Sektor Cibatu, Dedi Supriyadi menuturkan, Pokdarkamtibmas merupakan sebuah organisasi masyarakat yang bertugas secara sukarela dalam membantu penegak hukum untuk mengamankan dan menertibkan masyarakat serta menumbuh kembangkan daya cegah tangkal dini terhadap segala bentuk gangguan Kamtibmas.

“Visi utama dari Pokdar Kamtibmas Sektor Cibatu yaitu menjadi sahabat dan menjalin kemitraan masyarakat dengan Polri dalam peningkatan kesadaran hukum dan cegah tangkal gangguan Kamtibmas. Sementara misinya sendiri, hadir ditengah masyarakat untuk memberikan suluh dalam peningkatan kesadaran Kamtibmas dan hukum, juga membangun mengembangkan komunikasi yang efektif dan intensif dengan masyarakat,” ujar Ketua Pokdar Sektor Cibatu, Kamis (03/06/2021).

Dedi melanjutkan, hal tersebut merupakan bagian dari kepekaan Polri. Sebab kata Dia, dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, tidak bisa hanya melibatkan polisi semata, melainkan perlu peranan penting dari berbagai elemen masyarakat.

Giat cipta kondusif bersama anggota Polsek Cibatu Polres Garut.

“Polisi kan perlu mitra bersama tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan lain sebagainya dalam menjaga kamtibmas. Sehingga baik masyarakat maupun polisi, harus dapat bersinergi bersama dalam menjaga kamtibmas,” katanya.

Meski demikian, kata Dedi, organisasi Pokdar bukan berarti mengambil alih sepenuhnya tugas maupun wewenang kepolisian.

“Kehadiran kami ini hanya lebih terarah ke pengedukasian terhadap masyarakat, tidak mengambil alih tugas polisi, yang mana nantinya sebuah masalah bisa dilakukan secara kekeluargaan, maka bisa diselesaikan melalui Pokdar. Ini diharapkan sebagai bagian dari kerja sama antar masyarakat dengan kepolisian dalam membantu menciptakan kamtibmas dengan prefentif maupun alternatif, juga dalam hal penanganan,” tambahnya.

Ketua Pokdarkamtibmas Sektor Cibatu, Dedi Supriyadi, saat giat donor darah bantu sesama yang membutuhkan.

Terkadang, lanjut Dedi, ada berbagai konflik atau kasus kecil yang sering kali masuk ke ranah pidana, karena tidak adanya penyelesaian yang baik di tengah masyarakat.

“Kalau pun kasusnya tidak bisa diselesaikan secara damai, maka tentu akan masuk ke bagian itu (pidana). Bagaimanapun keamanan merupakan hal yang sangat penting sehingga masyarakat akan merasa aman dan nyaman,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Polres Garut, Igie N. Rukmana S.Kom menyampaikan bahwa organisasi ini merupakan mitra Polri dan menjadi ujung tombak dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Dengan segala sumberdaya yang dimiliki, Pokdarkamtibmas akan berusaha menjadi pelopor dalam masyarakat.

“Pokdarkamtibmas akan hadir bersama Polri hingga desa-desa, khususnya di Kabupaten Garut agar bekerjasama dengan tokoh masyarakat, pemuka agama, tokoh pemuda yang ada di 421 Desa dan 21 Kelurahan. Pokdar Kamtibmas ini mulai dibentuk pada tanggal 25 November 2005 atas Surat Keputusan Kaporli No. Pol : Skep/831/XI/2005 tentang Pembentukan dan Pembinaan Kelompok Sadar Kamtibmas. Barulah pada 12 Februari 2020 lalu, kepengurusan Pokdar Kamtibmas Bhayangkara tingkat Nasional dilantik oleh Kabaharkam Polri Komjen Pol. Agus Andrianto,” terang Ketua Pokdarkamtibmas Polres Garut.

Diketahui, Pokdarkamtibmas Bhayangkara Sektor Cibatu kerap membantu tugas-tugas kepolisian seperti pengamanan Natal dan Tahun Baru, PAM Hari Raya Idul Fitri, acara-acara PHBN/PHBI, PAM Pilkades, membantu korban bencana alam, donor darah, deteksi dini permasalahan warga, hingga rutin menghimbau masyarakat guna mematuhi Protokol Kesehatan dalam penanganan Covid-19. (**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru