oleh

Korban Longsor di Cisompet Garut Butuh Bantuan Logistik

HARIANGARUTNEWS.COM – Pemerintah setempat bersama masyarakat masih terus melakukan evakuasi rumah warga yang tertimbun bencana longsor di Desa Cikondang, Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut, Rabu (14/10/2020).

Dalam bencana longsor yang terjadi pada Senin (12/10/2020) itu, setidaknya ada 12 rumah dan 1 mesjid rusak diterjang bencana tersebut. Tak hanya itu, para pengungsi sebanyak 12 Kepala Keluarga juga masih memerlukan banyak bantuan dan makanan dari pemerintah dan masyarakat lainnya.

 

Camat Cisompet, Rahmat Alamsyah S Sos merelokasi korban ke permukiman warga di Kampung Cipageureun. Dikatakan Rahmat, setelah longsor menerjang rumah dan menghancurkan seluruh harta bendanya, warga yang mengungsi ini masih kekurangan bantuan logistik seperti pakaian, makanan dan obat-obatan.

 

“Mereka masih membutuhkan bantuan logistik seperti pakaian, makanan dan obat-obatan. Mengingat daerah kami rawan bencana, kami sengaja tidak mendirikan tenda untuk para pengungsi yang terdiri dari 12 kepala keluarga tersebut melainkan diungsikan ke rumah-rumah warga di Kampung Cipageureun,” katanya saat mengunjungi korban longsor di Desa Cikondang.

Camat menambahkan, agar kejadian ini tidak terulang, kedepannya perlu adanya aksi reboisasi terhadap sejumlah lahan kritis. Tujuannya, tidak hanya mengurangi potensi tanah longsor, tetapi juga meningkatkan kualitas air, menaikkan posisi muka air tanah, penyediaan air saat kekeringan, dan konservasi sumber daya air tanah, tutupnya. (Gie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru