oleh

SMK Pasundan 2 Garut, Siap Menuju Persaingan Industri Era Revolusi Industri 4.0

HARIANGARUTNEWS.COM – Sesuai Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan vokasional melalui Program Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Indonesia. Hal itu dilakukan agar mampu bersaing di dunia kerja.

Program Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan merupakan suatu kesinambungan dari pembangunan yang dilakukan disetiap periodenya. Sejalan dengan tema pembangunan pendidikan jangka panjang 2005-2024, pembangunan SMK diarahkan pada peningkatan daya saing internasional sebagai pondasi dalam membangun kemandirian dan daya saing bangsa dalam menghadapi persaingan global ke depan.

Kepala Program Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor SMK Pasundan 2 Garut, Yudi Kurniawan menjelaskan, Pertumbuhan populasi SMK yang semakin pesat yang secara langsung berkontribusi pada pertumbuhan siswa sekolah menengah dan khususnya siswa SMK. Kondisi ini sejalan dengan kebutuhan bangsa Indonesia yang hingga saat ini harus memperbaiki struktur tenaga kerja yang selama ini dominan pendidikan dasar menjadi pendidikan menengah.

Lanjut disampaikan Yudi, Instansi yang menjadi institusi pasangan untuk meningkatkan kompetensi siswa dan guru SMK Pasundan 2 Garut, yang bekerjasama dengan industri seperti Teknik dan Bisnis Sepeda Motor dengan PT. ASTRA HONDA MOTOR melalui PT. Daya Adicipta Motora sebagai Main dealer sepda motor jawa barat, TKR Otomotif dengan PT. DAIHATSU, Mutimedia dan Elektronika dengan B One Corporate dan TOA.

“Diharapkan dengan adanya institusi pasangan akan meningkatnya calon tenaga kerja yang berasal dari SMK, Indonesia khususnya Garut tidak saja mendapat lebih banyak calon tenaga kerja yang berasal dari pendidikan menengah namun mendapatkan pula calon tenaga kerja yang siap pakai. Namun demikian kinerja pembangunan tersebut tidaklah membuat Sekolah Menengah Kejuruan berpuas diri karena masih banyak hal yang harus dibenahi dan ditingkatkan ke depan”. Paparnya, Kamis (28/05).

Yayasan Pendidikan Dasar dan Menengah (YPDM) Pasundan, SMK Pasundan 2 Garut yang beralamat di Jl. Pasundan No. 68 kabupaten Garut. Telah berdiri sejak tahun 1997 ini, siap mencetak bibit unggul dengan Program Keahlian Otomotif (TKR), Elektronika, Multimedia, Animasi, Tekinik dan Bisnis Sepeda Motor, Elektronika Industri, Teknologi Laboratorium dan Medik (bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Kedokteran Universitas Pasundan.Pada kesempatan ini Yudi juga menyampaikan tertang PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru)SMK 2 Pasundan Garut, Tahun ajaran 2020-2021 bisa klik Link http://bit.ly/PPDBPAS2020
“Hayang pinter, kudu sakola. Hayang sakola kudu ka SMK Pasundan 2 Garut”. Pungkasnya. (Bulan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru