Ajak Dinas PUPR, Wakil Bupati Garut Tinjau Semua Titik Banjir dan Longsor

FOKUS, MENARA GARUT2,018 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Wakil Bupati (Wabup) Garut, dr Helmi Budiman yang meninjau lokasi pasca banjir di Desa Mekarjaya Kecamatan Cikajang, Kamis (09/04). Dalam kesempatan tersebut Wabup Helmi, menyerahkan bantuan untuk warga yang terkena banjir di sekitar wilayah pesantren sekolah Persatuan Islam (Persis) Al Ittihaad, Kampung Rancapandan Desa Mekarjaya.

Camat Cikajang Undang Saripudin S Sos Msi, mengatakan, mudah-mudahan langkah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, yang mana kondisi langsung ditinjau Wakil Bupati, ini segera ada solusi dan tidak terulang kedepannya.

“Barusan ada kunjungan pak Wakil Bupati Garut bersama Dinas PUPR, mudah-mudahan ada solusi dalam rangka penyelesaian banjir di Desa Mekarjaya khususnya,” ujar Camat, Kamis (09/04).

Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman, usai meninjau lokasi menyampaikan, harus ada perbaikan atau normalisasi pada saluran air, baik anak sungai maupun induk.

“Tadi saya lihat, memang aliran air itu cukup besar, karena curah hujan tinggi sehingga meluap melebihi tanggul yang sudah ada. Mau tidak mau tanggul ini harus ditinggikan,” ucap Helmi, Kamis (09/04)

Kemudian, lanjut Wabup, ada aliran yang masuk ke sungai Cikuray, itu juga harus dilebarkan, harus ada normalisasi dengan pengerukan di sungai tersebut. Solusinya yakni, pengerukan sungai, peninggian tanggul dan pelebaran anak sungai.

Sementara untuk longsoran di Banjarwangi dan Singajaya yang terjadi di beberapa titik, imbuh Helmi, perlu penanganan segera, agar tidak terjadi longsor yang lebih besar dan akan memutuskan akses jalan.

“Ada beberapa solusi yang sedang kita jalankan hari ini,” jelas Wabup.

Helmi menambahkan, untuk pelebaran jalan Singajaya, ini juga dimungkinkan bisa di perlebar untuk meminimalisir kemungkinan-kemungkinan hal tidak diinginkan, apalagi banyak pemukiman warga,” pungkasnya. (Bilal-YB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *