oleh

Festival Kopi Garut Segera Digelar Dinas Pertanian

HARIANGARUTNEWS.COM – Kopi Garut merupakan salah satu produk unggulan dan menjadi next “Icon Garut”. Kopi Garut juga saat ini sudah terkenal sampai mancanegara. Untuk itu Dinas Pertanian akan menggelar Festival Kopi Garut dengan mengusung tema “Wancina Ngopi Suruput Kopi Garut” yang aka dilaksanakan di Gedung Pendopo  7-8 Desember 2019.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Ir. Beni Yoga Guna Santika, MP, mengatakan dalam festival “Kopi Garut” akan menggelar produk unggulan kopi Garut.

“Ini akan menjadi moment penting kebangkitan kopi asli Garut untuk dipamerkan kepada masyarakat Garut maupun luar Garut bahkan mayarakat Internasional,” kata Beni, Minggu (1/12/2019).

Dikatakan Beni, Festival Kopi Garut kali ini akan diikuti oleh hampir kurang lebih 250 kelompok tani kopi di 28 kecamatan yang merupakan penghasil kopi Garut.

“Produk kopi Garut telah menembus pasar Internasional, terbukti dengan pengiriman ekspor ke Taiwan dan China yang telah mencapai 125 ton untuk tahun ini,” ucapnya.

Sementara Ardy Firdian S.Hut, M.Si, Bidang Tanaman dan Perkebunan mengatakan “Kopi Garut” mempunyai ciri khas dari warna dan rasa, yang tidak dimiliki oleh kopi daerah atau negara lain. Untuk alasan itu yang kita angkat menjadi tema pada Festival Kopi Garut (FKG) adalah Wancina Ngopi, Suruput Kopi Garut. Rasa fruity kopi Garut menjadi khas dalam rasa”.

Kalau bukan kita sendiri, kata Ardy, yang bisa membantu petani kopi yang ada di Kabupaten Garut, siapa lagi, ujarnnya.

Kabupaten Garut, tutur Ardy, memiliki luas lahan perkebunan kopi mencapai hampir 6 ribu hektar yang tersebar di 28 kecamatan yang ada di Kabupaten Garut. Kualitas kopinya sangat bagus dan menjadi incaran negara luar.

“Ini menjadi prospek yang baik ke depan bahwa kopi Garut menjadi ikon baru bagi kabupaten Garut diluar Domba dan Dodol Garut,” ujarnya.

Dalam acara Festival Kopi Garut itu akan digelar berbagai acara diantaranya :

– Festifal produk kopi unggulan Garut beserta pendukungnya
– Kelompok tani dari 28 kecamatan
– Kompetisi kopi
– Pengelaran seni budaya
– Social ekperimen
– Lomba brand loga kopi Garut.
– Gratis minum kopi

Penulis : (Tresiyana)***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru