HUT PGRI dan Hari Guru, Korwil Cikajang Garut Gelar Jalan Sehat

SEPUTAR GARUT1,691 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Dalam rangka menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 74 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) ke 25 Tahun 2019. PGRI Kecamatan Cikajang menggelar jalan sehat berhadiah, dengan mengusung tema, Peran Strategis Organisasi Dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia Indonesia Unggul, Sabtu (23/11) di alun-alun Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut. Diikuti ribuan peserta dari seluruh unsur pegawai di lingkungan Kecamatan Cikajang, para Guru, pelajar dan masyarakat.

Peserta jalan sehat dilepas anggota DPR RI Hj Siti Mufatahah PSI MBA, didampingi Camat Cikajang, Rahmat Alamsyah, S Sos, Ketua PGRI Cikajang Deni Kusnadi, S Pd I, Korwil Pendidikan Kecamatan Cikajang, Otang Sapuloh S IP MM, Danramil 1116 Cikajang Kapten Inf Didi Suryadi, Kapolsek Cikajang Iptu H Amat Rahmat.

Ketua PGRI Cikajang Deni Kusbadi S Pd I, mengatakan, peserta jalan sehat berhadiah menempuh rute sejauh 5 kilometer, menyusuri jalur jalan Cikajang menuju kampung Padasuka, melewati SDN Padasuka. Kemudian melewati jalan Desa Mekarsari, masuk ke jalan Cikajang – Cigembong dan kembali memasuki jalan Padasuka sampai finish kembali di Alun-alun Kecamatan Cikajang.

“Momentum HUT PGRI ini mudah-mudahan dijadikan sebagai bahan pertimbangan oleh pemerintah untuk lebih memperhatikan kembali guru-guru, khususnya guru honorer yang ada diwilayah Kecamatan Cikajang,” tutur Deni.

Dikatakan Deni, kondisi kesejahteraan guru honorer saat ini masih memprihatinkan, dan berharap kepada pemangku kepentingan dan kebijakan konsen akan masalah ini.

“Melihat kesejahteraan guru honorer saat ini kondisinya memprihatinkan, saya berharap kepada pemangku kebijakan untuk bisa mensejahterakan guru honorer yang telah mengabdi dan turut mencerdaskan kehidupan anak bangsa,” beber Deni.

Sementara Camat Cikajang, Rahmat Alamsyah S Sos, dalam sambutannya mengucapkan selamat HUT PGRI ke-74 dan HGN serta ucapan terima kasihnya kepada panitia yang sudah menggelar berbagai kegiatan.

“Terima kasih kepada panitia yang telah menggelar berbagai kegiatan di HUT PGRI ini, dalam rangka memperkokoh dunia pendidikan untuk mencerdaskan anak bangsa. Salah satunya dalam melahirkan generasi muda untuk lebih maju,” tutur Rahmat.

Selain itu, Rahmat menilai saat ini momen yang sangat tepat untuk menyampaikan kondisi dunia pendidikan di Kecamatan Cikajang kepada anggota DPR RI Hj Siti Mufattahah PSI MBA, yang turut hadir dalam acara, dengan harapan mendapat dukungan dan menjadi prioritas untuk dibahas di DPR RI nanti.

“Dari 42 sekolah dasar yang ada, kondisinya masih banyak yang harus dibenahi dan diperbaiki termasuk ada beberapa sekolah yang melebihi daya tampung peserta didik,” ungkap Camat Cikajang.

Terpisah, Korwil Pendidikan Kecamatan Cikajang, Otang Saepuloh S IP, yang mengutarakan bahwa berbagai upaya yang telah dilakukannya untuk mengatasi permasalahan guru, termasuk tentang kesejahteraan guru honorer.

“Kami bersama PGRI terus berupaya untuk mengatasi permasalahan guru. Kami selalu koordinasi dengan pihak kabupaten terkait keberadaan guru honorer supaya mendapatkan hak yang sama. Bagi mereka non PNS yang belum mendapatkan anggaran dari APBD, kami memasukan usulan ke Baznas karena Dinas Pendidikan telah berkontribusi ke Baznas dengan pemotongan gaji pegawai PNS setiap bulan. Semoga dengan momentum HUT PGRI dan Hari Guru Nasional tahun ini, kesejahteraan guru meningkat,” jelas Otang.

Diakhir kegiatan jalan santai, diselenggarakan undian berhadiah. Hadiah yang disiapkan panitia bertujuan untuk memberikan semangat peserta jalan santai dengan hadiah utama mesin cuci, kulkas, kompor dan hadiah doorprize lainnya. (Bilal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *