HAI ke 54 di Kabupaten Garut Merupakan Kesempatan Emas Tuntaskan Buta Aksara 

FOKUS, SEPUTAR GARUT1,300 views

HARIANGARUTNEWS. COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut secara resmi membuka acara Hari Aksara Internasional (HAI) tingkat Provinsi Jawa Barat, di lapangan alun-alun Kabupaten Garut, Rabu (13/11). Dengan mengangkat tema “Ragam Budaya Lokal dan Literasi Masyarakat”, peringatan HAI sangat sejalan dengan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) yang telah menetapkan setiap 8 September sebagai Hari Aksara Internasional.

Acara HAI ke 54 ini dihadiri perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Ditjen PAUD dan Dikmas), Kasubdit Program dan Evaluasi Dr Cecep Suryana MM, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut Ir H Deni Suherlan M Si, Staf Ahli Bupati Garut, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Garut, Ketua TP PKK Kabupaten Garut, Kepala Bank Jabar Banten, KCD Provinsi Jawa Barat, unsur Forkompinda, para Kadisdik atau yang mewakili kontingen dari 27 Kabupaten dan Kota se Provinsi Jawa Barat.

Sekda Kabupaten Garut Ir H Deni Suherlan M Si, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan HAI ke 54 di Kabupaten Garut merupakan kesempatan emas bagi Garut, untuk menyelesaikan buta aksara yang masih ada di Kabupaten Garut dan kabupaten lainnya di Jawa Barat. Pemberantasan buta aksara ini akan meningkatkan budaya literasi ditengah masyarakat.

“Kita ingin membudayakan literasi kepada masyarakat, karena sama dengan mengajak masyarakat untuk melek informasi. Dengan membaca dan menulis dan berdiskusi, kita akan banyak mengetahui banyak informasi dari berbagai belahan dunia,”

Selanjutnya, kata Sekda, kedua kita juga akan terhindar dari berita Hoax, yang saat ini banyak bertebaran di media sosial. Bagaimana membedakan mana yang benar informasi, bagi yang kurang berliterasi mungkin ini akan sulit membedakannya. Tetapi bagi yang berliterasi akan mampu dan bisa membedakan ciri-ciri mana berita Hoax dan mana yang benar. Ketiganya dengan berliterasi diharapkan bisa membuat karya yang bermanfaat untuk orang lain.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Hari Aksara Internasional ke 54 tingkat provinsi Jawab Barat secara resmi saya buka,” kata Sekda Garut, pada penutup sambutannya. (Ndy)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *