oleh

Membantu Tangani Kebutuhan Air di Tiga Kampung, Kades Pakenjeng Garut Turun Tangan Panggul Pipa

Kades Pakenjeng Hj. Riena Achlan nampak memanggul pipa membantu masyarakatnya menyediakan air bersih dari sungai

 

HARIANGARUTNEWS.COM – Bukan maksud mencari popularitas di masyarakatnya, kepala desa Pakenjeng kecamatan Pamulihan, Hj. Riena Achlan benar-benar empati kepada warganya yang saat ini sedang dilanda kekeringan. Riena melibatkan diri bersama warga memanggul pipa untuk medapatkan kebutuhan air bersih dari sungai ci Papandayan.

“Yah inimah agar badan menjadi langsing saja,” candanya saat ditemui di lokasi.

Sambung Riena, warganya di tiga kampung benar-benar darurat air. Kondisi kekeringan saat ini sangat luar biasa, biasanya sekalipun dalam kondisi kekeringan tetapi beberapa rumah warga masih tersedia air di sumurnya. Tapi kali ini benar-benar tak ada air sedikitpun. “Bagaimana pun masalah kekeringan ini harus segera diatasi, kebetulan di sungai ci papandayan masih mengalir. Ya kita upayakan untuk dialirkan ke warga,” katanya.

Imbuhnya lagi, kebetulan posisi sungai berada diatas perkampungan sehingga tidak membutuhkan mesin untuk menyedot air tersebut. Sementara kebutuhan pipa sendiri ia gunakan dari dana talang untuk jarak tiga kilometer dari sungai ke perkampungan. “Sebenarnya kebutuhan pipanisasi sudah direncanakan anggarannya di tahun 2020, tetapi kondisi saat ini masyarakat sangat membutuhkan, akhirnya setelah musyawarah dengan lembaga desa, untuk sementara menggunakan dana talang,” jelas Riena.

Kebutuhan pipanisasi kata Riena, sebenarnya akan mendapat bantuan dari bupati ketika bupati Rudy Gunawan melakukan kunjunga kerja ke desa tersebut. Bahkan belum lama ini sudah ada surpey ke lokasi dari dinas terkait, menindaklanjuti apa yang bupati bicarakan. (Bulan)**

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru