oleh

FKPM Lodaya Korwil Polres Garut, Siap Berpartisipasi Amankan Pilkades Serentak 2019

HARIANGARUTNEWS.COM – Pengurus Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) Lodaya Korwil Polres Garut berkomitmen ikut berpartisipasi dalam menciptakan Pilkades Serentak Gelombang III Tahun 2019 yang damai dan aman di Kabupaten Garut.

Sebagai wujud komitmen, pengurus dan anggota FKPM Lodaya Korwil Polres Garut rencananya akan menggelar rapat koordinasi kesiapan pengamanan agenda Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang akan digelar pada Rabu (16/10) di Hotel Redante, Jalan Samarang, Kecamatan Tarogong Kaler. Sementara pelaksanaan Pilkades sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 5 November 2019 mendatang.

Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan (Kabid Binbang) FKPM yang juga sebagai Dai Kamtibmas Polres Garut, Ajat S. Kurnia berpesan agar seluruh jajarannya berpartisipasi aktif membantu tugas pemerintah khususnya kepolisian.

“Sebagai mitra Polri sesuai dengan Skep Kapolri Nomor 3 Tahun 2015, tentunya kita akan selalu bantu tugas-tugas Kepolisian. Terutama dalam informasi deteksi dini potensi gangguan Kamtibmas atau kebencanaan serta masalah keamanan jelang Pilkades Serentak di Kabupaten Garut. Partisipasi aktif dalam memberikan informasi ini, diharap mampu mengantisipasi semua gejolak dan potensi konflik di lingkungan masyarakat,” ujar Ajat, Minggu (13/10).

Ajat menegaskan, pada Pilkades 2019 ini, FKPM Lodaya Korwil Polres Garut harus lebih aktif membantu Polri dalam menciptakan keamanan dan kesejukan dimasyarakat. Tak hanya itu, pasca pelaksanaan Pilkades, FKPM masih harus ikut membantu Polri dan TNI dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang aman pada rangkaian jelang Natal dan Tahun Baru 2020.

Sementara Kapolres Garut AKBP Dede Yudi Ferdiansyah SIK MIK melalui Kanit Bintibmas Aipda Umar Taufik S Sos I, menyebut bahwa peran serta FKPM dalam partisipasi deteksi dini potensi gangguan Kamtibmas selama Pilkada sangat diperlukan. Dia juga menghimbau untuk senantiasa peduli dengan setiap perkembangan situasi yang terjadi dilingkungan masing-masing, agar situasi kamtibmas yang kondusif tetap selalu terjaga dengan baik.

“FKPM harus selalu berkordinasi dengan kami terutama Kanit Bimas, sehingga setiap kejadian bisa segera diantisipasi dan cepat dilakukan penanganan. Menyoal keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Garut ini bukanlah urusan yang hanya dibebankan pada pihak kepolisian dan TNI. Disamping jumlah personal polisi terbatas, keamanan dan ketertiban merupakan kebutuhan kita bersama. Untuk mewujudkan situasi dan kondisi yang aman dan kondusif, maka keterlibatan masyarakat juga diperlukan,” tandas Umar, yang juga dikenal sebagai Polisi Santri yang kerap menggelar tausiyah di Wilayah Kabupaten Garut tersebut. (Igie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru