Korlap FMG : Carut Marut Kemenag Garut Hingga Pengendapan Biaya Nikah di KUA

FOKUS1,129 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Terkait masalah pengendapan biaya nikah yang dilakukan oknum pegawai KUA Kecamatan Pasirwangi dan Cisurupan, Koordinator Lapangan (Korlap) Forum Mahasiswa Garut (FMG), terus mendesak agar pihak Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Garut mengusut tuntas dan segera membenahinya.

Korlap FMG Yusup Sopian berpendapat, hal ini erat berkaitan dengan adanya adanya gerakan dari forum mahasiswa Garut yang menggelar audensi beberapa permasalahan di Kemenag Garut beberapa waktu lalu. Pihaknya akan mengawal terus sampai Kemenag Garut menyelesaikan permasalahan sampai tuntas.

“Masalah pengendapan biaya Nikah Rujuk yang kami garis bawahi, apalagi ini pengendapan atau penggelapan sudah terjadi,” ucap Yusup.

Lanjut Yusup, meskipun ada kesanggupan dari oknum pengawai KUA yang bersangkutan, dana Nikah Rujuk yang diduga digelapkan, artinya tidak akan ada setoran ke kas negara, padahal hal ini akan kelihatan dalam model N 7 dengan data lainnya yang ada di kantor KUA.

“Yang bersangkutan akan sanggup membayar, tetapi bukan berarti masalah hukum pidananya selesai. FMG menilai penggelapan atau pengendapan biaya Nikah ini modusnya adalah permainan administrasi ketika pernikahan diluar kantor yg dikantorkan,” beber Yusup.

Sementara Kepala KUA Pasirwangi Iwa Kartiwa, mengakui karena teledor dan lemahnya pengawasan dirinya, sehingga peristiwa terjadi dilakukan oleh oknum pegawainya.

“Waktu itu yang bersangkutan terdesak biaya rumah sakit untuk operasi anaknya, memang kami teledor kurang pengawasan, akhirnya saya selaku pimpinan di KUA, sekarang mau tidak mau ikut mempertanggungjawabkan perbuatan yang bersangkutan,” terang Iwa.

Ditempat terpisah, Kepala KUA Cisurupan, sewaktu mau dikonfirmasi, tidak ada ditempat, karena sedang menjalankan ibadah haji. (Jon-Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *