Peringati Hari Bhayangkara Ke-78, Ini Pesan Kasat Binmas Polres Garut untuk Pokdarkamtibmas

HARIANGARUTNEWS.COM – Dalam rangka HUT Ke-78 Bhayangkara Tahun 2024 ini, Pokdarkamtibmas yang bertugas secara sukarela membantu penegak hukum untuk mengamankan dan menertibkan masyarakat harus semakin giat dalam peningkatan kesadaran hukum dan cegah tangkal gangguan kamtibmas di lingkungannya masing-masing.

Demikian disampaikan Kapolres Garut, AKBP. Rohman Yonky Dilatha SIK MSi MH melalui Kasat Binmas Polres Garut, AKP Yusli Yulianto pada saat mengikuti upacara peringatan HUT Ke-78 Hari Bhayangkara di Alun-Alun Otista, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, Senin (01/07/2024) pagi.

“Kesadaran masyarakat dalam membantu menjaga keamanan dan ketertiban sangat penting sekali, karena jumlah anggota Polri yang tidak sebanding dengan jumlah penduduk Indonesia menjadi alasan utama untuk membentuk sebuah kelompok masyarakat yang memiliki kesadaran lebih tinggi dari masyarakat lainnya
terkait ketertiban dan keamanan untuk membantu kepolisian Indonesia,” ujar Kasat Binmas Polres Garut.

Menurutnya, hal itu akan terwujud jika rasa kesadaran dalam Kamtibmas lahir dari masing-masing individu pengurus organisasi, khususnya di wilayah hukum Polres Garut. Dengannya hadirnya Pokdarkamtibmas ini, kata AKP. Yusli, kiranya dapat memberikan edukasi dan pemahaman hukum kenyamanan bagi warga masyarakat khususnya dilingkungan tempat tinggalnya.

“Untuk itu kesadaran dimulai dari diri kita dahulu, setelah itu baru kita tularkan semangat tersebut ke masyarakat dan lingkungan sekitar kita. Bagaimana nanti mulai dari tingkat Resor atau Polres sampai ke tingkat Sektor atau tingkat Polsek dan begitu seterusnya semakin bertambah. Pokdar harus dapat membantu tugas Polri dengan harapan kedepan agar dapat menjaga nama baik institusi Kepolisian khususnya Polres Garut dalam mewujudkan kamtibmas yang aman dan kondusif,” harap Kasat Binmas.

Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Resor Garut, Igie N. Rukmana, S.Kom mengatakan, pihaknya siap menjalankan pesan-pesan yang disampaikan pembina. Tugas pokok Pokdarkamtibmas yakni membantu tugas pokok Polri dengan ihklas hati dan kehadirannya memberikan kenyamanan dan ketentraman bagi warga masyarakat.

“Seiring berjalan waktu dalam memaksimalkan kesadaran pentingnya menjaga Kamtibmas, kedepan kita akan berupaya menjalankan program-program dan kegiatan yang sifatnya meminimalisir tugas kepolisian dalam menjaga Kamtibmas di Kabupaten Garut,” ujar Igie.

Ketua Pokdarkamtibmas Resor Garut juga mengucapkan HUT Bhayangkara Ke-78 dan berterimakasih kepada Kasat Binmas dalam hal ini menjadi Pembina Mitra Polri yang senantiasa peduli dan tidak bosan dalam memberi nasihat dan tunjuk ajarnya demi majunya Pokdarkamtibmas.

“Dirgahayu HUT Ke-78 Hari Bhayangkara, semoga Polri semakin jaya. Terima kasih kepada Kasat Binmas yang senantiasa membimbing seluruh jajaran Mitra Polri dengan nasihat dan arahannya yang senantiasa diberikan kepada kami,” pungkas Ketua Pokdarkamtibmas Resor Garut. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *